News Commerce Indonesia Bangkit

Siswa SMK Kesehatan Yannas Husada Bangkalan Banyak Diminta Bekerja di DuDi Sebelum Lulus

Jumat, 30 April 2021 - 04:18 | 126.05k
Pengurus Bursa Kerja Khusus (BKK) SMK Kesehatan Yannas Husada Bangkalan. (Foto-foto: SMK Kesehatan Yannas Husada for TIMES Indonesia)
Pengurus Bursa Kerja Khusus (BKK) SMK Kesehatan Yannas Husada Bangkalan. (Foto-foto: SMK Kesehatan Yannas Husada for TIMES Indonesia)
FOKUS

Indonesia Bangkit

TIMESINDONESIA, MADURASMK Kesehatan Yannas Husada Bangkalan mengungkapkan sekitar 40% per tahun dari jumlah siswanya sudah diminta dunia usaha dan industri (DuDi) untuk bekerja sebelum lulus.

“Data (siswa yang sudah diminta kerja sebelum lulus) ini diidentifikasi dari hasil evaluasi pemilik atau pimpinan DuDi. Evaluasi dilakukan saat siswa kami sedang melaksanakan kegiatan Praktek Kerja Lapangan yang dinilai sangat disiplin, kompeten, dan berintegritas,” kata R. Rois Albarista SKep, Ketua BKK SMK Kesehatan Yannas Husada .

Yannas Husada 2

Menurut Rois, siswa SMK Kesehatan Yannas Husada banyak diterima kerja di berbagai apotik, klinik kesehatan, atau perusahaan di wilayah Jawa Timur.

“Tercatat ada 45 DuDi bidang kesehatan, baik di daerah Bangkalan, Jawa Timur, maupun Jabodetabek yang bekerja sama dengan kami. Di antaranya UPT Materia Medica Malang, Rumah Sakit se-Madura, Apotek se-Bangkalan, PT Maspion, PT Kanopi Insan Sejahtera, PT Viva Generik, Medisku Surabaya, Kimia Farma, dan lainnya,” papar Rois.

Lebih lanjut Rois mengungkapkan, pihaknya juga mendirikan Bursa Kerja Khusus (BKK) SMK Kesehatan Yannas Husada Bangkalan. Lembaga ini didirikan pada 1 April 2017 sebagai unit pelaksana yang memberikan pelayanan dan informasi lowongan kerja, pelaksana pemasaran, penyaluran dan penempatan tenaga kerja, dan merupakan mitra Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Bangkalan.

Nur Fajjriah SKom, Sekretaris BKK SMK Kesehatan Yannas Husada, menambahkan selain memfasilitasi siswa untuk bekerja pihaknya juga turut mengembangkan dan membina siswa untuk Kegiatan Praktek Kerja Lapangan (PKL)

“Selain dapat mengaktualisasikan ilmu dan keterampilan saat berada di tempat PKL, siswa juga  lebih mempersiapkan diri memasuki dunia kerja secara nyata,”kata Fajjriah.

Sementara, Kepala SMK Kesehatan Yannas Husada, Sulfia MPd berharap agar BKK SMK Kesehatan Yannas Husada Bangkalan menjadi pilar terpenting untuk memfasilitasi siswa yang bekerja dan berwirausaha.  Ini sesuai dengan pilihan masing-masing dan dapat memperluas kerjasamanya hingga ke luar negeri.

Yannas Husada 3

SMK Kesehatan Yannas Husada Bangkalan sendiri merupakan sekolah menengah kejuruan bidang kesehatan di bawah Naungan Yayasan An-Nashiriyah yang berlokasi di Bangkalan, Jawa Timur. Sekolah ini berdiri sejak tahun 2010 dan telah meluluskan peserta didik berprestasi dan kompeten sesuai jurusannya.

SMK Kesehatan Yannas Husada Bangkalan juga memfasilitasi untuk para alumni maupun diluar alumni SMK yang ingin bekerja di DuDi melalui Bursa Kerja Khusus (BKK),” kata Sulfia. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Hendarmono Al Sidarto
Publisher : M. Rofiul Achsan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES