News Commerce Indonesia Bangkit

Satu-satunya! Jurusan Kesehatan se-Gresik Selatan Hanya Ada di SMK YPI Darussalam 2 Cerme

Jumat, 30 April 2021 - 04:31 | 251.09k
Gedung SMK YPI Darussalam 2 Cerme, Gresik. (Foto-foto: SMK YPI Darussalam 2 Cerme for TIMES Indonesia)
Gedung SMK YPI Darussalam 2 Cerme, Gresik. (Foto-foto: SMK YPI Darussalam 2 Cerme for TIMES Indonesia)
FOKUS

Indonesia Bangkit

TIMESINDONESIA, GRESIK – Berdasarkan data pokok Direktorat SMK, terdapat 60 SMK di Kabupaten Gresik. Dari jumlah itu, hanya ada satu sekolah yang memiliki jurusan kesehatan, terutama di wilayah Gresik Selatan, yaitu SMK YPI Darussalam 2 CermeGresik.

Jurusan Kesehatan 2Aktivitas siswa Jurusan Farmasi SMK YPI Darussalam 2 Cerme, Gresik.

Bidang studi kesehatan yang menjadi kebanggaan di SMK YPI Darussalam 2 Cerme adalah jurusan Farmasi Klinis dan Komunitas (FKK) serta Teknologi Laboratorium Medik (TLM).

Wakil Kepala Kurikulum SMK YPI Darussalam 2 Cerme, Ellis Octaviana menjelaskan, jurusan FKK dan TLM disahkan pada 22 Maret 2017, melalui surat rekomendasi dari Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur.

Ellis menambahkan, pembentukan jurusan kesehatan memiliki tujuan utama yakni memberikan peluang sebesar-besarnya kepada peserta didik yang memiliki minat dan kemampuan di bidang kesehatan. Selain itu, untuk memenuhi kebutuhan tenaga medis yang ahli di lingkungan masyarakat.

Kepala SMK YPI Darussalam 2 Cerme, Hj Siti Zahrotur Rofi’ah menyampaikan bahwa jurusan FKK memiliki visi dan misi, yaitu menjadi pusat pendidikan farmasi yang terbaik di wilayah Gresik Selatan.  Ini demi terciptanya pendidikan farmasi yang berkualitas dan SDM yang berdaya saing tinggi.

“Begitu pula untuk visi dan misi jurusan Teknologi Laboratorium Medik. Jurusan ini berupaya untuk menjadi pusat pendidikan asisten tenaga laboratorium medik yang unggul, mandiri, dan berdaya saing tinggi di bidang mikrobiologi klinik,” kata Siti.

Jurusan Kesehatan 3Siswa Jurusan TLM SMK YPI Darussalam 2 Cerme, Gresik.

Sementara itu, Wakil Kepala Humas SMK YPI Darussalam 2 Cerme, H Efendi mengatakan, sejak disahkan hingga kini, minat peserta didik untuk memilih jurusan kesehatan kian meningkat. Hal tersebut menyebabkan SMK YPI Darussalam 2 Cerme semakin menyempurnakan laboratorium kesehatan.

“Penyempurnaan laboratorium dilakukan dengan menyediakan peralatan yang lengkap hingga para guru yang kompeten,” kata Efendi.

Upaya tersebut, menurut Efendi,  juga didukung kerja sama yang telah terjalin antara sekolah dengan berbagai industri dan dunia kerja (Iduka).

Skill and knowledge peserta didik, merupakan hal paling utama yang menjadi fokus SMK YPI Darussalam 2 Cerme, Gresik. Oleh sebab itu, program pembelajaran pun diatur sedemikian rupa agar peserta didik mampu menjadi ahli di bidang kesehatan ketika kembali ke masyarakat,” pungkas Efendi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Hendarmono Al Sidarto
Publisher : M. Rofiul Achsan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES