Glutera News

4 Olahraga Ringan Menjelang Buka Puasa

Kamis, 29 April 2021 - 16:54 | 10.28k
4 Olahraga Ringan Menjelang Buka Puasa
FOTO: Glutera
Editor: Deasy Mayasari

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Puasa Ramadhan bukan lantas berarti kita menjadi malas-malasan. Sebaliknya, kita tetap harus aktif bergerak dan menjaga kesehatan dengan beraktivitas seperti biasa, termasuk olahraga saat puasa. Hanya, intensitas olahraga yang dilakukan saat puasa mungkin bisa dikurangi atau tidak dilakukan secara berlebihan. Jenis olahraga yang dilakukan juga harus disesuaikan sehingga justru tidak memberatkan tubuh. 

Untuk waktu berolahraga yang tepat, bisa dilakukan sesaat sebelum waktu berbuka atau setelah berbuka puasa di saat tubuh telah mendapatkan asupan.

Seperti diketahui, ada banyak manfaat positif dengan berolahraga. Hal itu karena dengan olahraga, yang merupakan gerakan oleh tubuh, dapat melatih otot-otot, membantu sirkulasi darah dan oksigen dalam tubuh menjadi lancar.

Olahraga merupakan jenis kegiatan fisik yang baik untuk pikiran, tubuh, serta jiwa. Melakukan olahraga mampu menjaga kebugaran, kesejahteraan mental, serta interaksi sosial. Olahraga secara rutin, termasuk yang dilakukan saat berpuasa, merupakan satu di antara langkah untuk mengantisipasi pencegahan memiliki risiko penyakit berbahaya dalam tubuh.

1. Jalan Santai

Dilansir dari The Healthy, jalan kaki selama 15 menit memberikan banyak manfaat lebih seperti pelepasan stres, dorongan kreativitas, hingga mengurangi risiko asma. Menurut Sleep Foundation olahraga seperti jalan santai juga bisa membuat Anda tidur nyenyak di malam harinya.

2. Yoga

Yoga merupakan latihan fisik dan mental yang bagus untuk seluruh tubuh. Yoga dapat digolongkan bentuk olahraga ringan yang tidak membutuhkan terlalu banyak mengeluarkan kardiovaskular pada tubuh.

Yoga dapat dipraktikkan di siang hari selama bulan Ramadhan tanpa mengerahkan terlalu banyak tenaga. Namun, disarankan semua latihan harus dilakukan setelah berbuka puasa, setelah tubuh mendapat cukup banyak asupan nutrisi dan hidrasi.

3. Bersepeda

Bersepeda merupakan satu di antara jenis olahraga ringan yang menyenangkan. Bersepeda bisa kita lakukan saat sore hari menjelang berbuka. Kita bisa memanfaatkan waktu untuk menunggu berbuka dengan bersepeda.

Bersepeda dengan jarak singkat bisa dilakukan untuk menjaga kebugaran dan kesehatan selama berpuasa.
Bersepeda bukan hanya olahraga fisik, namun bisa juga menjadi hiburan untuk Anda. Dengan bersepeda, Anda bisa sambil menghirup udara segar sehingga rasa capek tidak akan terasa.

4. Renang

Menjadi salah satu jenis olahraga yang bisa membakar kalori dengan baik, renang dapat kita pilih sebagai jenis olahraga ringan yang bisa dilakukan selama berpuasa. Kita dapat mengisi waktu berbuka dengan berenang selama kurang lebih 30 menit.

Berenang selama 30 menit terbukti mampu membakar 360 kalori bagi wanita dan 420 kalori bagi pria. Namun saat melakukan renang, tetaplah berhati-hati untuk mencegah masuknya air ke dalam mulut yang mungkin bisa membatalkan puasa.

Tips Olahraga Saat Puasa

Olahraga saat puasa tidak boleh dilakukan sembarangan. Ada beberapa persiapan dan tips yang harus Anda lakukan sebagai berikut, supaya sesi olahraga saat puasa memberikan manfaat kesehatan:

  • Mengonsumsi 6-10 gram karbohidrat per kg berat badan (saat buka puasa dan sahur)
  • Mengonsumsi 1,2 gram protein per kg berat badan
  • Asupan lemak harus mencapai 20-30% dari total asupan energi
  • Memenuhi kebutuhan cairan agar tubuh tetap terhidrasi

Olahraga saat puasa sangat direkomendasikan untuk menjaga kebugaran tubuh. Namun perlu diingat juga, pilihlah olahraga dengan intensitas rendah, agar puasa tetap lancar. Selain itu, jangan lupa waktu-waktu terbaik berolahraga di bulan Ramadan.

glutera gshglutera colglutera nox

Jika perlu, konsultasikan dulu dengan dokter mengenai olahraga saat puasa. Sebab, dokter bisa memeriksa ketahanan dan kesiapan tubuh Anda untuk berolahraga di bulan puasa. (*)



Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

EKORAN

TERBARU

  • Five Easy Tricks to Avoid Blackheads
    Five Easy Tricks to Avoid Blackheads
    16/05/2021 - 06:03
  • Jaga Performa Kendaraan Anda Saat Lebaran Idul Fitri, ini Caranya
    Jaga Performa Kendaraan Anda Saat Lebaran Idul Fitri, ini Caranya
    16/05/2021 - 05:16
  • Cegah Stunting, Cukupi Asupan Gizi Ibu Hamil dengan Ini
    Cegah Stunting, Cukupi Asupan Gizi Ibu Hamil dengan Ini
    16/05/2021 - 04:28
  • Segarkan Hari Lebaran dengan Rujak Cuka Khas Sunda, Ini Resepnya
    Segarkan Hari Lebaran dengan Rujak Cuka Khas Sunda, Ini Resepnya
    16/05/2021 - 03:36
  • Ini 5 Jajanan Oleh-Oleh Khas Pasuruan yang Melegenda
    Ini 5 Jajanan Oleh-Oleh Khas Pasuruan yang Melegenda
    16/05/2021 - 02:31

TIMES TV

Rektor UIN Maliki: Genjot Kualitas SDM menuju Smart Islamic University

Rektor UIN Maliki: Genjot Kualitas SDM menuju Smart Islamic University

01/04/2021 - 15:58

Rektor UNU: Merdeka Belajar di Tengah Pandemi

Rektor UNU: Merdeka Belajar di Tengah Pandemi
Tangis Haru Warnai Penganugerahan Doktor Kehormatan Doni Monardo

Tangis Haru Warnai Penganugerahan Doktor Kehormatan Doni Monardo
Peresmian SPAM Umbulan di Kabupaten Pasuruan

Peresmian SPAM Umbulan di Kabupaten Pasuruan
The Voice of Peace Official Video by Maria Stefanie

The Voice of Peace Official Video by Maria Stefanie

iGuides

  • De Potrek Bromo, Cafe Viral Terekomendasi 5 Star iGuides
    19/07/2020 - 16:35
  • Hadir Bernuansa Modern, Bendega Restaurant Bali Terekomendasi 5 Star iGuides
    Hadir Bernuansa Modern, Bendega Restaurant Bali Terekomendasi 5 Star iGuides
    12/10/2019 - 11:05
  • Ambience Unik, The Junction House Seminyak Terekomendasi 5 Star dari iGuides
    Ambience Unik, The Junction House Seminyak Terekomendasi 5 Star dari iGuides
    02/09/2019 - 18:24
  • Pelayanan Prima Platinum Adisucipto Hotel & Conference, iGuides Berikan Recommended 5 Star
    Pelayanan Prima Platinum Adisucipto Hotel & Conference, iGuides Berikan Recommended 5 Star
    26/07/2019 - 20:00
  • Hotel Savana Malang Got Five Stars from iGuides
    Hotel Savana Malang Got Five Stars from iGuides
    25/05/2019 - 23:20

KOPI TIMES

  • Ngopi Pagi: Antara Kesedihan dan Kebahagiaan
    Ngopi Pagi: Antara Kesedihan dan Kebahagiaan
    14/05/2021 - 09:00
  • Ngopi Pagi: Maaf
    Ngopi Pagi: Maaf
    13/05/2021 - 09:00
  • Lebaran dan Puasa Panjang Petani Indonesia
    Lebaran dan Puasa Panjang Petani Indonesia
    13/05/2021 - 07:33
  • Mempertahankan Lebaran Effect Tanpa Mudik
    Mempertahankan Lebaran Effect Tanpa Mudik
    12/05/2021 - 14:08
  • Kiat Cukup Beras untuk Wilayah Minim Sawah 
    Kiat Cukup Beras untuk Wilayah Minim Sawah 
    12/05/2021 - 08:21
  • Ngopi Pagi: Lebaran
    Ngopi Pagi: Lebaran
    12/05/2021 - 07:02
  • Dahsyatnya Korupsi Jual Beli Jabatan Mengalahkan Pengadaan Barang Jasa
    Dahsyatnya Korupsi Jual Beli Jabatan Mengalahkan Pengadaan Barang Jasa
    11/05/2021 - 13:12
  • Ngopi Pagi: Akhir Ramadan
    Ngopi Pagi: Akhir Ramadan
    11/05/2021 - 09:50

KULINER

  • Segarkan Hari Lebaran dengan Rujak Cuka Khas Sunda, Ini Resepnya
    Segarkan Hari Lebaran dengan Rujak Cuka Khas Sunda, Ini Resepnya
    16/05/2021 - 03:36
  • Ini 5 Jajanan Oleh-Oleh Khas Pasuruan yang Melegenda
    Ini 5 Jajanan Oleh-Oleh Khas Pasuruan yang Melegenda
    16/05/2021 - 02:31
  • Yuk Bikin Resep Rendang Tanpa Daging Sehat dan Enak
    Yuk Bikin Resep Rendang Tanpa Daging Sehat dan Enak
    15/05/2021 - 23:36
  • Campor Lorjuk, Kuliner Khas Pamekasan yang Wajib Anda Coba
    Campor Lorjuk, Kuliner Khas Pamekasan yang Wajib Anda Coba
    15/05/2021 - 20:45
  • Tips Cara Membuat Bungkus dan Cara Memasak Ketupat Lebaran
    Tips Cara Membuat Bungkus dan Cara Memasak Ketupat Lebaran
    15/05/2021 - 16:27