Pemerintahan

Kian Mudah dan Dekat, Disdukcapil Magetan Buka Layanan Adminduk di Desa Jajar

Kamis, 29 April 2021 - 14:45 | 42.21k
Bupati Magetan, Suprawoto (kiri) saat melaunching pelayanan adminduk di Desa Jajar, Kecamatan Kartoharjo, Kamis (29/4/2021). (Foto: M Kilat/TIMES Indonesia)
Bupati Magetan, Suprawoto (kiri) saat melaunching pelayanan adminduk di Desa Jajar, Kecamatan Kartoharjo, Kamis (29/4/2021). (Foto: M Kilat/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MAGETAN – Mengurus dokumen adminduk (administrasi kependudukan) di Kabupaten Magetan, Jawa Timur semakin mudah. Ini setelah Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Magetan resmi membuka pelayanan di Desa Jajar, Kecamatan Kartoharjo pada Kamis (29/4/2021).

Dengan mengusung tagline Makekarto (Melayani Administrasi Kependudukan Elektronik Kompeten Amanah Ramah Tepat dan Ora Repot), diharapkan mampu mewujudkan pelayanan prima di bidang adminduk.

Suprawoto b

Dengan demikian, makin mempercepat dan memudahkan masyarakat dalam mengurus dokumen kependudukan. Pasalnya, warga setempat cukup datang ke kantor desa dengan membawa persyaratan, selanjutnya pihak desa yang akan mengurus ke kecamatan.

"Substansi otonomi desa yaitu mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. Jadi, masyarakat bisa segera terlayani. Lalu, kepala desa bisa meyakini data kependudukan yang dimasukkan sudah benar dan kerahasiaannya terjaga," tutur Bupati Magetan, Suprawoto saat launching layanan tersebut.

Kepala Disdukcapil Magetan, Hermawan menjelaskan, alasan dipilihnya Desa Jajar karena merupakan desa binaan adminduk dan kampung KB. Harapannya, desa lain bisa terpacu untuk meniru terobosan tersebut.

Suprawoto c

"Pelayanan adminduk di Magetan semakin dimudahkan, masyarakat agar segera mengurus dokumen kependudukan," jelas Hermawan.

Selain di Desa Jajar, Disdukcapil Kabupaten Magetan sebelumnya juga membuka layanan adminduk di 17 kantor kecamatan. Namun, khusus warga di Kecamatan Magetan layanan tetap dilakukan di kantor Disdukcapil dan mal pelayanan publik. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES