Pendidikan

Nadiem Makarim: Saya Ingin Mahasiswa dan Dosen Lakukan Penelitian Sebanyak Mungkin

Rabu, 28 April 2021 - 19:45 | 37.77k
Nadiem Makarim berpose dengan sang istri setelah dilantik jadi Mendikbudristek di Istana negara oleh Presiden RI Jokowi. (FOTO: Dok. Nadiem Makarim)
Nadiem Makarim berpose dengan sang istri setelah dilantik jadi Mendikbudristek di Istana negara oleh Presiden RI Jokowi. (FOTO: Dok. Nadiem Makarim)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim mengaku ingin mahasiswa dan dosen di Indonesia melakukan penelitian sebanyak-banyaknya. Hal itu kata dia, salah satu cara meningkatkan kualitas dan inovasi riset serta teknologi di perguruan tinggi.

"Saya menginginkan sebanyak mungkin murid-murid kita, mahasiswa kita, dan dosen-dosen kita melakukan penelitian dan melakukan program-program seperti Kampus Merdeka di dalam badan-badan di bawah BRIN (Badan Riset dan Inovasi Nasional)," ujar Nadiem setelah pelantikannya sebagai Mendikbud-Ristek di Istana Negara, Jakarta, Rabu (28/4/2021).

Ia menjelaskan, dengan melakukan riset, proyek-proyek sosial, magang di suatu industri, hingga pertukaran pelajar, adalah visi Presiden RI Jokowi (Joko Widodo) tentang Merdeka Belajar.

Ia menambahkan, dileburnya Kemendikbud dengan Kementerian Riset dan Teknologi menjadi kabar gembira bagi para perguruan tinggi. Ini karena riset dan transformasi pendidikan ada pada satu pintu kementerian.

"Dan rektor juga semakin mudah untuk bisa berkoordinasi dengan pemerintah-pemerintah pusat," ujar Mendikbudristek, Nadiem Makarim. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES