Indonesia Positif

Tim Pengabdian Masyarakat Unirow Tuban Beri Pendampingan NIH dan IUMK Pelaku UMKM

Rabu, 28 April 2021 - 14:45 | 49.25k
Tim pengabdian Masyarakat Unirow Tuban saat bersama pelaku usaha UMKM di Kabupaten Tuban (28/04/2021). (Foto: Ahmad Istihar/TIMES Indonesia)
Tim pengabdian Masyarakat Unirow Tuban saat bersama pelaku usaha UMKM di Kabupaten Tuban (28/04/2021). (Foto: Ahmad Istihar/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, TUBAN – Tim Pengabdian Masyarakat Universitas PGRI Ronggolawe (Unirow) Tuban memberikan pelatihan dan pendampingan kepada para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di wilayah kabupaten Tuban

Tim pengabdian dipimpin Dr. Dumiyati, beranggotakan Muhammad Yusuf, dan Ir. Hernik Puji Astutik, memberikan pelatihan dan pendampingan pengurusan izin usaha (NIB dan IUKM) untuk 18 UMKM kuliner Makanan dan Minuman anggota forum IKM, Inovasi Tiada Henti dan Pasar Digital Community di Kabupaten Tuban.

Dalam rencana dijadwalkan tim pengabdian masyarakat civitas kampus mulai Februari - bulan Juni 2021 terjun ke 5  tempat kecamatan yakni Kecamatan Jatirogo, Kecamatan Jenu, Kecamatan Tuban kota, Kecamatan Bangilan dan Kecamatan Palang secara bergantian memberikan pelatihan dan pendamping tersebut.

Ketua Tim Dr. Dumiyati,M.Pd menjelaskan bahwa tujuan pengabdian 6 bulan ini memberikan solusi atas permasalahan dialami mitra UMKM bidang Kerajinan tangan, pengolahan makanan dan minuman anggota forum IKM, inovasi tiada henti  dan Pasar digital community DPC Tuban terkendala atau belum memiliki ijin usaha dan permodalan usaha.

"Hasil pemetaan permasalahan pelaku UMKM yang sudah beroperasional dan berproduksi sebenarnya memiliki potensi jangkauan pemasaran yang lebih luas dan dapat pengembangan usaha dan peluang kerjasama dengan pihak lain," ucapnya

Namun kendala pendanaan dan perizinan menurut Ketua tim pengabdian masyarakat Dumiyati mengemukakan potensi UMKM itu, belum bisa berkembang. Sebab belum memiliki Nomor ijin Berusaha (NIB) dan dan Ijin Usaha Mikro Kecil (IUMK).

“Solusi kami tawarkan ya ini dengan melaksanakan pelatihan, melakukan demonstrasi dan mendampingi pengurusan legalitas usaha meliputi NIB dan IUMK,” jelas bu Dum sapaan pendek Wakil Rektor 2 Unirow Tuban itu.

Bu Dum menambahkan bulan April ini sudah mulai menyerahkan sertifikat NIB dan IUMK kepada 18 pelaku UMKM yang merupakan salah satu output dari kegiatan pengabdian masyarakat.

“Output pengabdian masyarakat salah satunya para Pelaku UMKM memiliki NIB dan IUMK kini punya perizinan usaha yang diserahkan hari ini," imbuhnya

Terpisah, Rektor Unirow Tuban Prof. Dr. Dra. Supiana Dian Nurtjahyani, M.Kes juga mengapresiasi para dosen Unirow yang telah ikut kegiatan pengabdian masyarakat berupa Pelatihan dan pendampingan pengurusan ijin usaha (NIB dan IUKM) bagi UMKM. 

“Harapan kedepan Unirow bisa tetap menjalin sinergi dengan UMKM dalam hal pembinaan dan pemberdayaan UMKM agar dapat meningkatkan peran UMKM bangkit untuk pemulihan perekonomian pasca Pandemi covid-19." harap prof. Dian sapaan akrab Rektor Unirow Tuban. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES