Ekonomi

Laba Bersih Cleo Kuartal I 2021 Melejit 18 Persen

Rabu, 28 April 2021 - 15:15 | 42.45k
Ilustrasi paparan publik Cleo. (foto: Dok.TIMES Indonesia)
Ilustrasi paparan publik Cleo. (foto: Dok.TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – PT Sariguna Primatirta Tbk ( Perseroan ) produsen air minum dalam kemasan (AMDK) Cleo, berkomitmen untuk senantiasa memberikan produk dan layanan yang terbaik bagi konsumennya.

Komitmen ini semakin mantap sejak resmi menjadi perusahaan publik dengan mencatatkan saham di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tanggal 5 Mei 2017 lalu.

Lukas Setio Wongso selaku Corporate Secretary PT Sariguna Primatirta Tbk mengatakan, nilai saham perseroan yang terdaftar dengan listing IDX CLEO ini berhasil mencatat pertumbuhan yang terus meningkat secara signifikan.

Perseroan secara berkesinambungan mengembangkan varian produk Cleo dan produk minuman lain yang selalu dihadirkan dalam kualitas tinggi. Inovasi ini didukung oleh proses produksi berstandar internasional dan jaringan pabrik AMDK terbesar yang terdiri dari 27 pabrik yang tersebar di seluruh Indonesia.

Memasuki tahun 2021 meskipun pandemi Covid-19 masih berlangsung di Indonesia, perseroan berhasil membukukan kenaikan laba bersih sebesar 18 persen dari Rp 35,46 miliar pada kuartal 1 2020 menjadi Rp 41,84 miliar pada kuartal 1 tahun 2021.

Sedangkan penjualan Perseroan mengalami penurunan sebesar 12,5 persen dari Rp 271 miliar menjadi Rp 237 miliar. Antara lain akibat masih belum sepenuhnya perekonomian pulih dari dampak pandemi Covid-19.

Serta adanya kebijakan pemerintah untuk membatasi kegiatan masyarakat pada awal Januari 2021 dengan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat ( PPKM ) yang berlangsung sampai bulan Februari 2021, yang kemudian masih dilanjutkan dengan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat berbasis mikro ( PPKM mikro ) yang berlangsung hingga saat ini.

"Selain itu pada periode kuartal 1 2021 juga banyak terjadi bencana alam berupa banjir dan angin topan yang menghambat jalur transportasi darat dan kegiatan ekonomi," jelasnya, Rabu (28/4/2021).

Pertumbuhan laba bersih yang signifikan ini diraih melalui perbaikan dan peningkatan di berbagai aspek tata kelola perseroan dan dalam rangka menghadapi tahun 2021 yang penuh tantangan akibat masih berlangsung nya pandemi Covid-19,

Perseroan telah menerapkan lima strategi utama sebagai berikut :

  1. Fokus pada ketersediaan dan kualitas produk.
  2. Menambah wilayah jaringan distribusi.
  3. Edukasi ke pelanggan atas keunggulan nilai nilai produk.
  4. Memperbaiki proses bisnis secara efektif dan efisien.
  5. Melakukan efisiensi dan cost reduction di semua bagian.

Melalui distributor utama PT Sentralsari Primasentosa ( Perusahaan afiliasi ), Perseroan melakukan pemetaan wilayah pemasaran dan mempertajam fokus pemasaran dengan penambahan jaringan distribusi dan optimalisasi pusat-pusat distribusi yang ada sehingga diharapkan dapat mencapai efisiensi dan efektifitas kinerja.

Fokus pada pengembangan pasar baru di wilayah yang belum tergarap akan mampu mendongkrak peningkatan penjualan Perseroan mulai kuartal 2 sampai dengan akhir tahun 2021 sehingga kinerja perseroan akan bertumbuh semakin baik di tahun 2021.

Pertumbuhan yang signifikan dan pencapaian-pencapaian ini memberikan optimisme pada kinerja perseroan di tahun 2021 di mana Perseroan menargetkan pertumbuhan penjualan sampai dengan akhir tahun minimal di atas rata-rata pertumbuhan industri AMDK.

Dengan pertumbuhan kinerja ini perusahaan akan memberikan imbal hasil yang terus meningkat bagi seluruh pemegang saham.

Komitmen perseroan ini merupakan wujud semakin mantapnya kepercayaan konsumen dan para stakeholder pada produk Air Murni Cleo, produk yang 100 persen sepenuhnya dikembangkan dan diproduksi oleh putra-putri Indonesia kebanggaan bangsa. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES