Kuliner

Klappertart, Si Manis Lembut untuk Hidangan Berbuka

Rabu, 28 April 2021 - 14:38 | 63.76k
Hidangan klappertart khas Manado. (FOTO: Pinterest)
Hidangan klappertart khas Manado. (FOTO: Pinterest)

TIMESINDONESIA, JAKARTAKlappertart adalah sebuah hidangan yang berasal dari Manado namun dipengaruhi kuliner Belanda. Teksturnya yang lembut dan rasanya yang manis membuat kuliner klasik sejak jaman penjajahan ini enak disantap saat berbuka puasa.

Bahan untuk membuat klappertart tidak sulit di dapat, yakni terigu, gula, telur dan kelapa muda. Berikut resep membuatnya: 

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat klappertart adalah 250 cc air kelapa, 350 cc susu cair full cream, 2 butir kuning dan putih telur, 1/4 sendok teh garam, 2 sendok teh vanila essens/rum, 80 gram gula pasir, 55 gram tepung maizena, 4 sendok makan kismis dan almond slice, 200 gram kelapa muda, 2 sendok makan margarin, dan 1/2 sendok teh tartar. 

  1. Campur rata semua bahan tersebut kecuali putih telur dan cream of tartar. Kemudian dimasak hingga meletup, setelah masak ditambahkan margarin dan diaduk rata. 
  2. Masukkan kelapa muda yang sudah dipotong, kismis, dan almond kemudian matikan api. Aduk rata kemudian sisihkan. 
  3. Mixer putih telur, cream of tartar dan vanila sampai berbusa. Lanjutkan dengan menambah gula pasir, kemudian mixer kembali hingga lembut. Setelah jadi, tuang adonan tersebut kedalam alumunium foil dan tambahkan topping jika diinginkan. 
  4. Oven selama 15 menit dengan suhu 170 derajat celsius untuk hasil yang maksimal.  Klappertart siap dihidangkan. 

Itulah cara untuk membuat Klappertart yang bisa dicoba di rumah sebagai takjil atau menu tambahan berbuka puasa. Maka menu baru akan memiliki rasa yang berbeda dengan hidangan-hidangan sebelumnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES