Gaya Hidup

Buah Segar Kaya Antioksidan Agar Fit Saat Puasa

Rabu, 28 April 2021 - 14:05 | 151.75k
Aneka buah-buahan yang sehat dan kaya manfaat. (foto: Alexander Raths/Shutterstock)
Aneka buah-buahan yang sehat dan kaya manfaat. (foto: Alexander Raths/Shutterstock)

TIMESINDONESIA, JAKARTAAntioksidan merupakan zat yang diperlukan tubuh untuk menangkal radikal bebas. Zat yang termasuk kedalam antioksidan meliputi vitamin, polipenol, karotin, dan mineral. Radikal bebas yang dimaksud dapat berupa asap rokok, polusi, dan masih banyak lagi.

Di bulan puasa, tubuh memerlukan asupan dengan gizi dan vitamin yang seimbang untuk menangkal radikal bebas. Sumber antioksidan dari makanan salah satunya adalah buah. Berikut buah yang diketahui kaya akan antioksidan: 

Kurma

Buah favorit Nabi ini juga mengandung banyak sekali vitamin. Antara lain Vitamin A, B2, B12, Juga vitamin C. Antioksidan yang ada pada kurma disebut tanin. Tanin sangat bagus untuk anti inflamasi, infeksi, dan juga anti hemoragik. Selain itu, antioksidan dalam kurma juga berupa vitamin A yang berfungsi untuk menjaga kesehatan mata. 

Strawberry

Jenis antioksidan yang terkandung dalam buah strawberry adalah antosianin. Antosianin berfungsi untuk mengurangi resiko penyakit jantung dan kolesterol. Antosianin juga diketahui merupakan sebuah kandungan yang membuat warna strawberry sendiri menjadi merah. 

Raspberry

Raspberry merupakan buah yang umumnya berwarna hitam bulat. Buah ini memiliki antioksidan yang bagus untuk menjaga kesehatan dimulai dari kanker perut, usus besar, hingga payudara. Selain dapat mencegah penyakit berbahaya, raspberry juga dapat mencegah stres dan mengurangi adanya peradangan. 

Jeruk

Buah yang sangat mudah dicari ini diketahui banyak orang memiliki banyak kandungan vitamin C. Vitamin C juga sering dikonsumsi untuk menambah sistem kekebalan tubuh yang mana selalu dikonsumsi sesaat sebelum memulai aktivitas. Oleh karena itu, alangkah baiknya jika mengonsumsi langsung dari sumber vitamin C tersebut yakni jeruk. 

Mangga

Kandungan betakaroten dan vitamin A dalam buah mangga dapat menjaga kesehatan mata dan juga kulit. Selain itu mangga juga mengandung Astaxanthin yang diketahui dapat menjadi sumber dari suplemen terbaik yang bersumber dari buah. Dengan begitu tidak perlu ragu dan khawatir akan campuran bahan pengawet dan zat bahaya lainnya. 

Itulah buah yang dapat dikonsumsi untuk menjaga kekebalan tubuh karena kandungannya. Terutama saat puasa, buah-buahan tersebut kerap dijadikan tambahan saat sahur maupun berbuka.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES