Indonesia Positif

UMBY Tambah Dua Doktor Baru Bidang Ilmu Psikologi dan Pertanian

Rabu, 28 April 2021 - 10:59 | 83.45k
Dr. Muhammad Wahyu Kuncoro, S.Psi, M.Si dari Fakultas Psikologi UMBY dan Dr. Ir. Dian Astriani, SP,  MP dari Fakultas Agroindustri UMBY. (FOTO : Humas UMBY for TIMES Indonesia)
Dr. Muhammad Wahyu Kuncoro, S.Psi, M.Si dari Fakultas Psikologi UMBY dan Dr. Ir. Dian Astriani, SP, MP dari Fakultas Agroindustri UMBY. (FOTO : Humas UMBY for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTA – Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) kembali menambah 2 gelar doktor baru yaitu bidang Ilmu Psikologi dan  Pertanian. Kedua dosen tersebut adalah Dr Muhammad Wahyu Kuncoro S.Psi, M.Si dari Fakultas Psikologi dan Dr Ir Dian Astriani SP MP dari Fakultas Agroindustri. Keduanya berhasilnya menyelesaikan studi S3 di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. 

Dr Muhammad Wahyu Kuncoro S.Psi M.Si yang dosen Fakultas Psikologi UMBY menempuh studi untuk strata tiga (S3) di UGM. Disertasi mengusung judul Peranan Persepsi Aktivitas Politik Orang Tua dan Paparan Informasi Politik Media Terhadap Partisipasi Politik Pemilih Pemula.  

Topik tersebut mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi partisipasi politik pemilih pemula pada Pemilihan Umum Presiden 2019. Tim Promotor yaitu Prof Drs Koentjoro M.BSc., Ph.D dan Dr Arie Sujito S.Sos. M.Si. Setelah berhasil mempertahanakn disertasinya, ia pun memperoleh predikat kelulusan sangat memuaskan.

Sementara dosen Fakultas Agroindustri, Dr Ir Dian Astriani MP resmi menyandang gelar doktor setelah menyelesaikan studi S3 di Fakultas Pertanian UGM. Disertasinya berjudul Bioaktivitas Minyak Kulit Mete pada Kumbang Bubuk Jagung Sitophilus zeamais'zeamais. Dalam disertasinya ini promotor utama yaitu Prof Dr Ir Edhi Martono M.Sc dan penguji utama Prof Dr Ir Prapto Yudono M.Sc.. Topik desertasi ini mempelajari potensi Cashew Nut Shell Liquid (CNSL) atau minyak kulit mete sebagai insektisida nabati pada S. zeamais. 

Rektor UMBY, Dr Alimatus Sahrah M.Si MM menyampaikan bahwa bertambahnya jumlah doktor ini merupakan suatu hal yang patut disyukuri, apalagi sekarang dua fakultas yang tempat homebase yaitu Psikologi dan Agroteknologi terakreditasi A. Ia mengatakan dengan meraih gelar doktor bukanlah akhir, namun awal dari perjalanan yang baru. 

UMBY berkomitmen untuk menjaga kualitas tenaga pengajarnya dengan terus mendorong dosen-dosen untuk mencapai gelar akademik tertinggi, menurutnya saat ini cukup banyak dosen-dosen yang sedang menempuh S3 baik di dalam maupun di luar negeri.

“UMBY mengharapkan kiprah yang lebih besar dari para dosen yang sudah menyandang gelar Doktor sebagai gelar pendidikan tertinggi di bidang akademik," terang peraih penghargaan Women of The Year DIY 2020 dari Anugerah TIMES Indonesia (ATI) ini.

Kepala Humas UMBY, Widarta SE MM menambahkan, dengan tambahan dua doktor baru di bidang Ilmu Psikologi dan Pertanian, maka UMBY sekarang telah memiliki dosen dengan klasifikasi S3 sebanyak 26 dosen. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Amar Riyadi
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES