Politik

Ketua Fraksi Demokrat Sejahtera Apresiasi Kinerja Pemkot Tikep Eliminasi Malaria dari Tidore

Rabu, 28 April 2021 - 12:15 | 41.49k
Ketua Fraksi Demokrat Sejahtera, Fahrizal Amerudin Do Muhammad. (FOTO: Fahrizal Amerudin Do Muhammad)
Ketua Fraksi Demokrat Sejahtera, Fahrizal Amerudin Do Muhammad. (FOTO: Fahrizal Amerudin Do Muhammad)

TIMESINDONESIA, TIDORE – Pemerintah Kota Tidore Kepulauan (Pemkot Tikep) di bawah pimpinan Wali Kota Capt. Ali Ibrahim dan Wakil Wali Kota Muhammad Senen berhasil mendapatkan sertifikat Eliminasi Malaria dari Kemenkes RI

Ada tiga indikator utama kabupaten/kota bisa menerima sertifikat bebas malaria, yaitu insiden kasus malaria kurang dari 1 per 1000 penduduk, positivity rate kurang dari 5 persen, dan tidak ada kasus indigenous.

Atas capaian kinerja Pemkot Tikep itu, Ketua Fraksi Demokrat Sejahtera, Fahrizal Amerudin Do Muhammad memberikan apresiasi. Menurut politisi PKS ini, angka Malaria di Indonesia timur masih menjadi perhatian serius, begitu juga di Maluku Utara. Akan tetapi, Kota Tidore Kepulauan mampu keluar dari zona itu. 
 
"Melalui Dinkes Tikep yang bekerja mengatasi masalah penyakit malaria dengan angka penyakit bisa turun lebi cepat. Ini sangat positif bagi kesehatan masyarakat di Tidore," ucap Fahrizal kepada TIMES Indonesia, via sambungan telepon seluler, Rabu (28/4/2021).

Fahrizal juga mengapresiasi Kementerian Kesehatan yang telah memberikan penilaian yang objektif berdasarkan data-data yang diperolehnya, sehingga Kota Tidore meraih sertifikat Eliminasi Malaria. 

Meski begitu, dirinya mengingatkan kepada Pemkot Tikep agar terus meningkatkan pelayanan kesehatan maksimal untuk masyarakat. 

"Saya berharap Dinkes terus memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat  yang terbaik , memberikan pemahaman edukasi sosialisasi sebagai pencegahan awal penyakit malaria dengan terapkan 3M. Mencegah lebih baik dari pada mengobati," tandasnya 

Sebelumnya, pemberian sertifikat Eliminasi Malaria ini bertepatan dengan peringatan Hari Malaria Sedunia pada 27 April 2021, yang diserahkan langsung Menkes RI, Budi Gunadi Sadikin kepada Wali Kota Tidore Kepulauan CaptAliIbrahim, di gedung Prof. Dr. Sujudi, Kemenkes RI. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES