Ekonomi

Bulog Waingapu: Stok Beras Aman Sampai Enam Bulan ke Depan

Selasa, 27 April 2021 - 17:53 | 26.85k
Ilustrasi. (dok/TI)
Ilustrasi. (dok/TI)

TIMESINDONESIA, WAINGAPU – Perum Badan Urusan Logistik Waingapu (Bulog Waingapu), Kabupaten Sumba Timur NTT optimistis stok beras menghadapi puasa dan Lebaran sampai enam bulan kedepan masih aman.

“Saya optimis stok beras masih aman saat puasa dan lebaran hingga enam bulan mendatang. Walaupun kemarin kita menghadapi bencana namun kita terus berupaya memenuhi kebutuhan bagi masyarakat,” kata Pimpinan Perum Bulog Waingapu Budiwan Susanto Selasa (27/4/2021).

Menurutnya, Bulog Waingapu telah menyediakan Cadangan Beras Pemerintah (CBP) sebanyak 617 ton untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam menghadapi lebaran sehingga ketersediaan beras di gudang tidak berkurang.

Budiwan menjelaskan, selain ketersediaan beras, gula, minyak, tepung terigu juga telah disiapkan Bulog Waingapu dengan harga terjangkau untuk mengantisipasi lonjakan harga di pasaran.

Kekuatan Bulog Waingapu sebagai buffer stok beras digudang sekitar 2000an ton. Namun tidak semuanya sebagai cadangan beras pemerintah (CBP) karena tidak menutupi kemungkinan jika CBP memerlukan tambahan maka dapat menggunakan stok untuk komersial.

“Jadi kekuatan stok beras kita d igudang sebanyak 2000an ton sedangkan CBP kita 100 ton berarti stok beras kita sudah lebih tetapi kita terus masukan beras walaupun CBP kita terpenuhi,” tuturnya.

Budiwan menambahkan, dengan kekuatan Bulog Waingapu saat ini, masyarakat tidak perlu takut dan khawatir akan kekurangan pangan di Kabupaten Sumba Timur yang disebabkan bencana atau rawan pangan dan lainnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES