Peristiwa Daerah

Pasca 12 Orang Positif Corona, Lapas Jember Disemprot Disinfektan

Selasa, 27 April 2021 - 14:46 | 40.39k
PMI Jember menyemprot cairan disinfektan di Lapas Jember. (FOTO: Humas PMI Jember for TIMES Indonesia)
PMI Jember menyemprot cairan disinfektan di Lapas Jember. (FOTO: Humas PMI Jember for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JEMBER – Sebanyak 1.000 liter cairan disinfektan disemprotkan ke berbagai sisi yang ada di Lapas Jember pada Selasa  (27/4/21). Hal ini sebagai antisipasi menyusul adanya 11 napi dan 1 petugas lapas yang terkonfirmasi positif terpapar Covid-19.

“Alhamdulillah ada bantuan penyemprotan dari PMI Jember. Sebelumnya kami juga sudah rutin melakukan penyemprotan di sini. Dan ini ada tambahan untuk antisipasi penularan,” ujar Yandi Suyandi, Kepala Lapas Kelas IIA Jember. 

Penyemprotan-menyusul-belasan-napi-terkonfirmasi-positif-corona.jpgPenyemprotan menyusul belasan napi terkonfirmasi positif corona. (FOTO: Humas PMI Jember for TIMES Indonesia)

Selain penyemprotan disinfektan, bentuk antisipasi lain yang dilakukan adalah melakukan tes swab sebanyak 36 orang termasuk petugas dan hasilnya sebanyak 11 narapidana dan 1 petugas dari lapas dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19. 

“Napi yang positif sudah kami isolasi di ruang tersendiri, yaitu 10 napi wanita dan 1 napi pria. Adapun untuk seorang petugas, isolasi mandiri di rumah. Semuanya dalam kondisi sehat alias OTG,” papar Yandi. 

Diakui Yandi, kapasitas Lapas Kelas IIA Jember sudah overload.

Dari daya tampung 390 orang, kini terisi total 790 napi pria dan wanita.

“Tetapi protokol kesehatan seperti jaga jarak tetap kami lakukan,” tutur Yandi. 

Lapas-Jember-saat-ini-mengalami-overload-hingga-100-persen-dari-kapasitas-normal.jpgLapas Jember saat ini mengalami overload hingga 100 persen dari kapasitas normal. (FOTO: Humas PMI Jember for TIMES Indonesia)

Selain penyemprotan, PMI Jember juga akan memberi vitamin untuk menjaga imunitas masing-masing yang ada di lapas terlebih setiap hari banyak keluar masuk kunjungan keluarga narapidana.

“Kami siap membantu seluruh stakeholder yang ada di Jember. Hari ini kami kerahkan 15 relawan PMI untuk menyemprotkan cairan disinfektan. Selain itu kami juga memberikan vitamin, apalagi di sini banyak keluar masuk masyarakat yang berkunjung,” ujar E.A Zaenal Marzuki, Ketua PMI Jember.

Untuk diketahui, sebanyak 1.000 liter cairan disinfektan disemprotkan ke berbagai sisi yang ada di Lapas Jember pada Selasa  (27/4/21). (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dody Bayu Prasetyo
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES