Pendidikan

STIE PGRI Dewantara Jombang, #Kampusecalonbos Perkuat Sektor Pengabdian Masyarakat

Selasa, 27 April 2021 - 10:33 | 56.92k
Abdul Rohim, Ketua STIE PGRI Dewantara Jombang saat ditemui diruang kerjanya (FOTO: Rohmadi/TIMES Indonesia)
Abdul Rohim, Ketua STIE PGRI Dewantara Jombang saat ditemui diruang kerjanya (FOTO: Rohmadi/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JOMBANG – Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) PGRI Dewantara Jombang perkuat sektor pengabdian masyarakat untuk meningkatkan jiwa enterpreneur kepada mahasiswanya.

Optimis tinggi untuk mencapai Enterpreneur University terus digelorakan oleh Abdul Rohim, Ketua STIE PGRI Jombang 2021-2025 yang baru dilantik dua pekan kemarin.

Menurut Abdul Rohim, dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi yang merupakan salah satu tujuan yang harus dicapai dan dilakukan oleh setiap perguruan tinggi di Indonesia.

"Sudah selayaknya perguruan tinggi harus melahirkan para pemuda atau orang-orang terpelajar yang memiliki semangat tinggi, pemikiran yang kreatif, mandiri, inovatif agar dapat membangun bangsa di berbagai sektor sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya," katanya kepada TIMES Indonesia, Selasa (27/4/2021).

Tri Dharma Perguruan Tinggi sendiri terdiri dari tiga poin yaitu yaitu Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengembangan, dan Pengabdian Kepada Masyarakat. Maka, Tri Dharma Perguraan Tinggi adalah tanggung jawab semua elemen yang terdapat di Perguruan Tinggi. Bukan hanya mahasiswa, melainkan dosen, dan berbagai sivitas akademika yang terlibat didalamnya.

"Untuk di STIE PGRI Dewantara sendiri saya lebih mengedepankan di poin tiga yaitu pengabdian masyarakat. Sebab nantinya ilmu yang lebih digunakan adalah bagaimana kita bisa memberikan manfaat bagi masyarakat," jelasnya.

Untuk membentuk jiwa Enterpreneur kepada para mahasiswanya. Kampus yang mempunyai jargon 'Kampuse Calon Bos-bos' ini selalu memberikan arahan dan bimbingan kepada mahasiswa agar bisa mempunyai dan bisa menciptakan produk sendiri.

"Kita sudah mengajari mulai dari membuat produk, membrending produk, hingga memasarkan produk. Makanya mahasiswa STIE PGRI Dewantara lebih mandiri dan siap bermasyarakat," bebernya.

Untuk menopang kemampuan skill para mahasiswa, ketika tiba waktunya pengabdian masyarakat kita sudah bekerjasama dengan asosiasi Badan Usaha Milik Desa atau BUMDes di Kabupaten Jombang.

"Di sana mahasiswa dan desa akan kita beri arahan bagaimana mengelola BUMDes yang baik dan bisa menghasilkan laba yang banyak dan bisa mensejahterakan masyarakat desa juga," ujarnya.

Sebagai informasi, Kampus STIE PGRI Dewantara Jombang yang terletak di jalan Prof. Muh. Yamin No.77, Jabon, Pandanwangi, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang, Jawa Timur ini juga pernah mendapatkan apresiasi oleh Abdul Halim Iskandar, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) atas dedikasinya membantu membangkitkan BUMDes di Kabupaten Jombang.  (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES