Ekonomi TIMES Ramadan

Warga Majalengka Bisa Tukar Uang Baru untuk Lebaran, Ini Lokasinya

Senin, 26 April 2021 - 19:47 | 310.48k
Ilustrasi. (FOTO: Dok TIMES Indoensia)
Ilustrasi. (FOTO: Dok TIMES Indoensia)
FOKUS

TIMES Ramadan

TIMESINDONESIA, MAJALENGKA – Bank Indonesia (BI) Cirebon, menyiapkan Rp 2,545 triliun untuk melayani tukar uang baru saat Ramadan dan lebaran 1442 H.

Di Kabupaten Majalengka, penukaran uang dilayani di beberapa titik loket yang tersebar di kantor bank umum dan BPR Kabupaten Majalengka.

"Seperti tahun lalu, kita dari Kantor Perwakilan BI Cirebon meniadakan penukaran uang baru melalui kas keliling," kata Kepala KPw BI Cirebon, Bakti Artanta, di Majalengka, Senin (26/4/2021).

Kendati demikian, bagi masyarakat yang ingin menukar uang baru dapat dilakukan melalui loket perbankan dan BPR di wilayah Ciayumajakuning.

"Untuk memudahkan masyarakat mendapatkan uang baru, kami bekerja sama dengan perbankan dan BPR se-Ciayumajakuning. Kami membuka loket pelayanan penukaran sebanyak 174 titik di kantor Bank dan BPR, termasuk di Majalengka," ujarnya.

Bakti menjelaskan, untuk memenuhi kebutuhan uang kartas untuk Hari Raya Idul Fitri 2021, Bank Indonesia Cirebon juga telah menyiapkan sebesar dana Rp 2,545 triliun. Jika dibandingkan dengan Hari Raya Idul Fitri tahun 2020 tidak jauh berbeda yakni Rp 2,536 triliun.

“Dari Rp 2,545 triliun diperuntukan untuk ATM sebesar Rp 1,965 miliar, uang pecahan besar (UPB) baru Rp 95 M dan uang pecahan kecil (UPK) baru Rp 495 M. Jadi perkiraan uang keluar atau outflow sebesar Rp. 2,645 triliun," ucapnya.

Bakti menyampaikan, bahwa Saldo Kas KPw BI Cirebon sampai saat ini sangat mencukupi untuk pemenuhan kebutuhan lebaran 2021. Apalagi dengan kondisi tidak ada libur panjang dan mudik, bisa lebih aman.

"InsyaAllah kebutuhan tukar uang baru untuk lebaran tahun ini posisi kas kami aman. Karena kebutuhan lebaran tahun 2021 saldo Kas KPw BI Cirebon adalah 200 persen," jelasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES