News Commerce Indonesia Bangkit

“Bengkel Sehat” SMK Kesehatan Yannas Husada Bangkalan untuk Siswa Kompeten dan Masyarakat Madura Sehat

Selasa, 27 April 2021 - 03:15 | 117.73k
“Bengkel Sehat” menjadi program unggulan dari SMK Kesehatan Yannas Husada Bangkalan.(Foto-foto: SMK Kesehatan Yannas Husada Bangkalan for TIMES Indonesia)
“Bengkel Sehat” menjadi program unggulan dari SMK Kesehatan Yannas Husada Bangkalan.(Foto-foto: SMK Kesehatan Yannas Husada Bangkalan for TIMES Indonesia)
FOKUS

Indonesia Bangkit

TIMESINDONESIA, MADURASMK Kesehatan Yannas Husada adalah wadah pendidikan yang memfasilitasi siswa di Kabupaten Bangkalan, Madura,  untuk lebih mengenali dan mendalami dasar-dasar teori tentang dunia kesehatan.

SMK Kesehatan Yannas Husada Bangkalan, mengatakan memiliki tiga program keahlian yakni Farmasi, TLM, dan Keperawatan. Sebagai salah satu sekolah kejuruan di bidang kesehatan, sekolah ini memiliki kontribusi besar untuk menciptakan ragam produk kesehatan yang berkualitas serta jasa untuk pelayanan kesehatan. 

Bengkel Sehat 3

“Program unggulan dari SMK Kesehatan Yannas Husada Bangkalan yaitu “Bengkel Sehat”,” kata R Rois Albarista SKep, Wakil Kepala Bagian Hubungan Masyarakat SMK Kesehatan Yannas Husada Bangkalan.

Rois menjelaskan bahwa Bengkel Sehat menyediakan pelayanan kesehatan seperti cek glukosa, asam-urat, kolesterol, dan tekanan darah. Selain itu, ada jasa untuk melakukan pengobatan Tibbun Nabawi seperti bekam, sekaligus penyediaan produk kesehatan seperti minuman herbal.

“Program Keahlian Teknologi Laboratorium Medik (TLM) dan  Program Keahlian Keperawatan saling berkorelasi untuk menyediakan jasa pelayanan kesehatan. Siswa yang berada pada Program Keahlian TLM  di arahkan untuk  melakukan pelayanan kesehatan seperti cek glukosa, asam urat, dan kolesterol,” ujarnya.

Selanjutnya, kata Rois, siswa pada Program Keahlian Perawat didukung dalam pelatihan bekam dan cek tekanan darah. Jasa Pelayanan Kesehatan “ Bengkel Sehat” sudah diterapkan kepada Masyarakat sejak Tahun 2019.

“Siswa kelas XI dan XII yang diterjunkan ke lapangan untuk melakukan jasa pelayanan kesehatan dibimbing langsung guru produktif yang sudah profesional, bersertifikasi, memiliki STR, serta penangung jawabnya adalah seorang dokter,” ungkap dia.

Menurut Rois, Farmasi adalah salah satu dari tiga Program Keahlian yang berada di SMK Kesehatan Yannas Husada Bangkalan. Farmasi menawarkan beberapa produk unggulan yang sudah mendapatkan izin Dinkes.

“Minuman herbal “D’tokcer” dan instan jahe, serta hand sanitizer adalah tiga produk unggulan dari program keahlian Farmasi SMK Kesehatan Yannas Husada Bangkalan,” jelas dia. 

Pada proses produksi minuman herbal  seperti D’Tokcer dan instan jahe serta pembuatan hand sanitizer melibatkan siswa kelas XI dan XII. Pemilihan minuman herbal seperti instan jahe dan D’tokcer karena produk ini sangat baik untuk meningkatkan imunitas tubuh. Selain itu, dapat dijadikan sebagai preventif dalam bidang kesehatan.

Menurut dia, SMK sebagai sekolah menengah atas yang fokus untuk melatih dan pengembangan dasar-dasar keahlian dari para siswa. Bengkel Sehat sebagai program unggulan dari SMK Kesehatan Yannas Husada Bangkalan memberikan kontribusi besar kepada para siswa-siswi untuk menerapkan materi dan konsep yang sudah dikuasai selama proses pembelajaran di kelas.

“Jasa pelayanan kesehatan serta produk kesehatan yang ditawarkan adalah proses pelatihan ranah psikomotorik sebagai bentuk pengaplikasian materi yang sudah di berikan,” jelas dia.

SMK Kesehatan Yannas Husada Bangkalan memberikan bekal yang cukup baik kepada para siswa-siswi sehingga dapat terjun langsung ke lapangan untuk bekerja sebagai asisten kesehatan. Serta dapat memberikan penguatan konsep dan keterampilan kepada siswa untuk melanjutkan kuliah.

Bengkel Sehat 2

Bengkel Sehat selain memiliki keuntungan yang sangat besar bagi para siswa-siswi SMK Kesehatan Yannas Husada Bangkalan. Pada nyatanya juga memiliki dampak positif bagi masyarakat di kota Bangkalan maupun di kota-kota sekitarnya.

“Hal ini, karena ketersediaan minuman herbal dan jasa pelayanan kesehatan yang mudah dijangkau, berkualitas serta terpercaya. Serta penerapan pengobatan tradisional sunnah dari Rasulullah seperti bekam yang ditawarkan kepada masyarakat,” kata guru produktif SMK Kesehatan Yannas Husada Bangkalan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Hendarmono Al Sidarto
Publisher : M. Rofiul Achsan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES