Ekonomi

Wapres RI KH Ma'ruf Amin Minta Daerah Kembangkan Basis Data Tepat Guna

Senin, 26 April 2021 - 16:58 | 19.70k
Wapres RI KH Ma'ruf Amin. (FOTO: Setwapres)
Wapres RI KH Ma'ruf Amin. (FOTO: Setwapres)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Wakil Presiden (Wapres RI) KH Ma’ruf Amin mendorong pemerintah daerah untuk mengembangkan basis data yang dapat digunakan sebagai dasar dalam menyusun kebijakan daerah.

"Perlu saya sampaikan terkait efektivitas penyelenggaraan pemerintahan daerah, bahwa pemetaan masalah dan kapasitas pemerintah daerah berbasis data sebagai dasar pembuatan kebijakan," ucap Wapres KH Ma’ruf Amin saat mengikuti Peringatan Hari Otonomi Daerah XXV secara virtual dari Jakarta, Senin (26/4/2021).

Wakil Kepala Negara mengatakan bencana kesehatan Covid-19 menjadi tamparan bagi pemda terkait pentingnya basis data dalam upaya penanganan pandemi. "Pandemi Covid-19 menjadi contoh pentingnya ketersediaan dan akses data dalam respon cepat Pemerintah dan pemda dalam menghadapi krisis," jelasnya.

Kata dia, proses digitalisasi di berbagai aspek pembangunan menjadi semakin relevan dengan kerangka open government di daerah. Otonomi daerah panjyt Wapres merupakan bentuk pengakuan pemerintah pusat terhadap kemandirian daerah, dengan mendekatkan pelayanan publik kepada masyarakat, meningkatkan daya saing daerah serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Dalam Peringatan Hari Otda XXV, Wapres juga berpesan agar kepala daerah memiliki kemampuan kepemimpinan yang adaptif, sehingga mampu mengatasi berbagai situasi di daerah.

"Pelaksanaan otonomi daerah yang berkualitas membutuhkan kepemimpinan adaptif, yang mampu menghadapi berbagai situasi, cepat dan tepat dalam bertindak, dan berorientasi pada pemecahan masalah dengan selalu menyesuaikan dirinya dengan perubahan dan keadaan baru," ujarnya.

Selain mendorong pemerintah daerah untuk mengembangkan basis data yang dapat digunakan sebagai dasar dalam menyusun kebijakan daerah, Wapres RI KH Ma'ruf Amin juga meminta untuk terus menegakkan protokol kesehatan dan menyukseskan vaksinasi, sebagai upaya menghentikan laju penyebaran Covid-19.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES