Entertainment

Daftar Film Kapal Selam yang Merupakan Adopsi Kisah Nyata

Senin, 26 April 2021 - 14:22 | 230.63k
Salah satu film yang mengisahkan kapal selam berdasarkan kisah nyata berjudul Hunter Killer. (Foto: flixwatch)
Salah satu film yang mengisahkan kapal selam berdasarkan kisah nyata berjudul Hunter Killer. (Foto: flixwatch)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Indonesia tengah berduka tentang berita kapal selam KRI Nanggala 402 yang tengelam dan menewaskan 53 prajurit TNI. Tragedi ini juga memunculkan keingintahuan masyarakat mengenai kehidupan dan situasi di dalam kapal selam. Berkut beberapa film bertema kapal selam yang bisa menjadi bahan pengetahuan mengenai kondisi di dalam kapal selam. 

1. U-571 (2000)

Singkat cerita, film ini menceritakan tentang tenggelamnya kapal selam milik Jerman saat terjadinya Perang Dunia II. Kapal selam tersebut diketahui telah memiliki mesin enkripsi yang paling canggih. Ini membuat sekutu mengirimkan beberapa pasukan Angkatan Laut untuk mengambil mesin enkripsi dari kapal selam yang dipimpin oleh Letnan Andrew Tyler. Namun, pada akhirnya, pasukan Angkatan Laut Amerika harus bertahan hidup di kapal selam yang sudah tenggelam itu seraya mengamankan mesin enkripsi. 

2. K-19: The Widowmaker (2002)

Film ini diangkat dari kisah nyata kapal selam Soviet K-19 yang tenggelam pada 1961. Awal mula tragedi bermula saat Kapten Alexi Vostrikov ditugaskan untuk melakukan pengawasan di dasar laut wilayahnya. Akan tetapi, reaktor nuklir yang bermasalah tersebut menjadi pemicu mulainya tenggelam kapal selam K-19. Jika hal ini terjadi, maka akan memunculkan radiasi yang mengandung racun dan mematikan. Masalah lainnya, kapal ini membawa torpedo yang bisa meledak sewaktu-waktu. Dalam situasi ini, sang kapten berusaha melakukan penyelamatan terhadap kapal selam tersebut agar tidak membunuh ribuan nyawa. 

3. Black Sea (2014) 

Film tersebut bercerita tentang kapal selam yang menyimpan emas batangan seharga jutaan dolar dan membuat mantan kapten yang bernama Robinson tertarik untuk menemukan emas tersebut. Hingga pada akhirnya, Robinson dan kedua temannya, Kurston dan Blackie sepakat untuk menjalankan misi tersebut. , Awalnya pelayaran berjalan sesuai rencana. Akan tetapi berubah saat krundari Rusia mulai mengambil alih Kapal. Kisah ini sempat diangkat melalui salah satu stasiun televisi pada 21 Oktober 2020 pukul 23.00 malam. 

4. USS Indianapolis: Men Of Courage

Kapal selam USS Indianapolis merupakan kapal selam milik AS yang sedang menjalankan misi negaranya. Sama seperti kapal selam U-571, kapal selam ini berjalan pada perang dunia II, antara Amerika Serika dan Jepang. Misi dari kapal tersebut adalah utnuk menjatuhkan bom ke Kota Hiroshima di Jepang. Akan tetapi, saat radar dari kapal selam Jepang menyadari keberadaan kapal selam USS Indianapolis, maka Jepang langsung menembakkan torpedo kepada USS Indianapolis hingga meledak dan akhirnya tenggelam. Kapten Charles Van Mcvay beserta 300 kru kainnya melakukan upaya penyelamatan dengan pelampung karet. Sayangnya hal ini malah memancing hiu yang siap memangsa mereka. 

5. Hunter Killer (2018)

Film ini diadaptasi dari novel Firing Point pada tahun 2012 oleh George Walace dan Don Keith. Awalnya, kapal yang dikomando oleh Joe Glass memiliki misi untuk mengusut tenggelamnya kapal USS Tampa Bay. Akan tetapi tiba-tiba kapal selam Rusia yang bersembunyi menyerang Hunter Killer. Kedua kapal selam tersebut terlibat perang dan saling menembakkan torpedo. 

6. KURSK (2018) 

Film yang rilis tahun 2018 ini mengangkat kisah nyata sebuah kapal selam Rusia tersebut tenggelam saat melakukan latihan ketika akan menembakkan torpedo tiba-tiba meledak. Hal ini membuat kapal selam tersebut tenggelam ke dasar laut. Ironisnya, pemerintah Rusia menolak bantuan yang datang untuk membantu mencari kapal tersebut. Akibatnya 23 kru kapal harus gugur karena kekurangan oksigen dan tidak segera diselamatkan. 

Itulah film-film menarik bertema kapal selam yang dapat mengisi waktu luang Anda. Film ini juga bisa menambah wawasan mengenai kapal selam dari berbagai negara seperti Jepang, Amerika, dan Rusia. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES