Wisata TIMES Ramadan

Berburu Sunset, Pulau Merah Jadi Tempat Favorit Ngabuburit di Banyuwangi

Senin, 26 April 2021 - 15:01 | 186.14k
Panorama ngabuburit dengan sunset di pantai pulau merah Banyuwangi (Foto: Hafid Nurhabibi/ TIMES Indonesia)
Panorama ngabuburit dengan sunset di pantai pulau merah Banyuwangi (Foto: Hafid Nurhabibi/ TIMES Indonesia)
FOKUS

TIMES Ramadan

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Maghrib adalah waktu yang paling ditunggu masyarakat yang menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan. Di Banyuwangi, Jawa Timur, Pantai Pulau Merah masih menjadi tempat populer masyarakat ngabuburit sambil menyaksikan panorama sunset diwaktu senja.

Selama ramadan, suasana sore di pesisir pantai pulau merah selalu padat pengunjung, sekurangnya puluhan orang berbondong menyaksikan detik-detik pergantian dari siang menuju malam. Beragam cara masyarakat menghabiskan waktu di sana, seperti bercengkrama dengan keluarga, duduk menikmati desir ombak, maupun sekedar mengambil spot terbaik untuk foto selfie bersama kerabat dekatnya. Maklum mereka mencari aktivitas paling menyenangkan hati agar waktu maghrib serasa lebih cepat datang.

Saat azan maghrib berkumandang, langit barat semakin cantik dengan sinar matahari senja, apa yang dilakukan warga juga bervariasi, ada yang membawa bekal dan menyantap menu berbuka di areal pantai hingga yang memilih mencicipi kuliner khas pulau merah.

Pulau Merah Banyuwangi 1

Salah satu pengunjung, M Syaiful Wildan (25) mengatakan, baginya berburu sunset di Pantai Pulau Merah merupakan rutinitas yang paling dirindukan saat momen bulan ramadan setiap tahunnya.

"Setiap ramadan saya pasti ambil jadwal ngabuburit disini, sunset ini bikin rindu, kalau puasa sambil nunggu sunset rasanya emang seperti lebih cepat, tiba-tiba sudah buka," ujar Wildan, Minggu (25/4/2021).

Ramai-ramai datang bersama sahabat, Wildan berkunjung sambil lalu membawa bekal berbuka, menurutnya dengan begitu, panorama sunset tak tertinggal sedikitpun, rasa nikmat berbuka juga lebih terasa, sebab racikan bumbu dapur dibarengi langit senja, jadi kombinasi yang sempurna.

"Ini saya bawa bekal buat berbuka, biar gak ketinggalan suasana," kata Wildan.

Wisatawan lainnya, Sholehuddin (26) menyatakan, berburu senja di Pantai Pulau Merah juga bisa menjadi sarana menambah rasa syukur di bukan ramadan bagi manusia kepada Sang Pencipta.

Pulau Merah Banyuwangi 2

"Kalau kita lihat, sunset ini indah, semua patut kita syukuri, di bumi, ini salah satu bentuk nikmat dari-Nya," ungkap Sholehuddin.

Selain menjadi tempat masyarakat berburu sunset saat ngabuburit selama bulan ramadan, Pantai Pulau Merah juga menjadi destinasi wisata yang paling digemari wisatawan luar daerah, tentu sebagai masyarakat Banyuwangi, adanya wisata pantai tersebut menjadi kebanggan tersendiri yang harus disyukuri. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES