Entertainment

Chloe Zhao Raih Sutradara Terbaik Oscar 2021

Senin, 26 April 2021 - 11:34 | 44.33k
Sutradara Chloe Zhao Raih berhasil meraih Piala Oscar 2021. (FOTO: Magazine Time/Pat Martin)
Sutradara Chloe Zhao Raih berhasil meraih Piala Oscar 2021. (FOTO: Magazine Time/Pat Martin)

TIMESINDONESIA, JAKARTAChloe Zhao berhasil memenangkan Oscar 2021 sebagai sutradara terbaik pada ajang Academy Awards ke-93.

Lewat film Nomadland, sutradara berusia 39 tahun itu mengalahkan Lee Isaac Chung (Minari), Thomas Vinterberg (Another Round), David Fincher (Mank), dan Emerald Fennell (Promising Young Woman)

Raihan piala Oscar ini menjadi yang pertama bagi perempuan asal China tersebut. Ia menjadi wanita Asia pertama yang berada di nominasi, dan sukses meraih sutradara terbaik Piala Oscar.

“Terima kasih atas penghargaan dari akademi. Nomadland akhirnya bisa menang tahun ini,” kata Chloe Zhao saat orasi kemenangannya.

"Ini untuk siapa saja yang memiliki keyakinan dan keberanian untuk berpegang pada kebaikan dalam dirinya sendiri, dan untuk mempertahankan kebaikan dalam diri satu sama lain." ujar sutradara kelahiran 31 Maret 1982 itu.

Selain sutradara, pada ajang ini Chloe Zhao juga dinominasikan di dua kategori lainnya, yaitu Best Adapted Screenplay, dan Best Achievement in Film Editing.

Film Nomadland diadaptasi dari buku non-fiksi bertajuk Nomadland: Surviving America in the Twenty-First Century karya Jessica Bruder. Film ini tayang perdana pada 11 September 2020 di Festival Film Venesia dan memenangkan penghargaan Golden Lion.

Nomadland bercerita tentang Fern (Frances McDormand) yang mengalami masa-masa sulit setelah kematian suaminya. Situasi kian parah karena ia tak lagi memiliki pekerjaan setelah pabrik gipsum di kotanya tutup.

Sebagai seorang perempuan yang tidak lagi muda, Fern kesulitan mendapatkan pekerjaan baru. Ia pun memutuskan untuk menjual sebagian besar barang miliknya dan membeli mobil RV untuk pindah ke kota lain demi mendapatkan kehidupan baru yang lebih indah.

Sendiri, Fern berkeliling ke sejumlah negara bagian untuk mencari pekerjaan baru. 

Pengumuman kemenangan Chloe Zhao sebagai sutradara terbaik Oscar 2021 dibacakan oleh Bong Joon-ho, pria yang menyutradarai film Parasite (2019). (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES