Peristiwa Nasional Tragedi KRI Nanggala 402

KSAL: KRI Nanggala 402 Terbelah Jadi Tiga Bagian

Minggu, 25 April 2021 - 18:32 | 161.07k
Satgas Udara Puspenerbal TNI AL saat pencarian melalui udara KRI Naggala 402 (Foto-foto: Eric Ireng/ Satgas Udara Puspenerbal TNI AL)
Satgas Udara Puspenerbal TNI AL saat pencarian melalui udara KRI Naggala 402 (Foto-foto: Eric Ireng/ Satgas Udara Puspenerbal TNI AL)
FOKUS

Tragedi KRI Nanggala 402

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono menyebut KRI Nanggala 402 yang tenggelam di perairan bali dinyatakan terbelah menjadi 3 bagian.

Dalam konferensi pers, Yudo juga menyebut seluruh awak KRI Nanggala-402 dinyatalan gugur dalam insiden naas tersebut.

"Jadi di sana KRI Nanggala terbelah menjadi 3 bagian," ucap Yudo, Minggu (25/4/2021).

Dijelaskan, pencarian KRI Nanggala-402 dilakukan oleh KRI Rigel dengan menggunakan multibeam echosounder untuk mendeteksi citra bawah air.

Pendeteksian itu juga dibantu oleh MV Swift Rescue dari Singapura. MV Swift Rescue mengeluarkan ROV untuk menindaklanjuti kontak bawah air.

"ROV Singapura mendapatkan kontak visual pada posisi 07 derajat 48 menit 56 detik selatan dan 114 derajat 51 menit 20 detik timur yaitu yang tepatnya dari datum 1 tadi tempat tenggelamnya KRI Nanggala berjarak kurang lebih 1.500 yard di selatan pada kedalaman 838 meter," imbuh dia.

Sejumlah body part dari KRI Nanggala-402 juga ditemukan di sekitar lokasi pencarian, diantaranya kemudi kapal, pakaian escape suit MK11, dan badan kapal.

"Ini bagian-bagian yang terbuka, ini berserakan, memang tidak terlalu jelas karena mungkin dalamnya laut masih pagi tadi mungkin belum terlalu terang, ya ini masih bagian-bagian dari dalamnya kapal," tutur Yudo.

KSAL Laksamana Yudo Margono menyebutkan, KRI Nanggala- 402 yang tenggelam di perairan Bali dinyatakan terbelah menjadi 3 bagian. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES