Entertainment

Melukis Sketsa Diiringi Alunan Xtravaganza, Credit Mr D to Hubert Henry

Minggu, 25 April 2021 - 13:16 | 111.19k
Sketsa wajah Henry Boomerang oleh Doddy Hernanto atau Mr D. (Foto: Mr D/TIMES Indonesia)
Sketsa wajah Henry Boomerang oleh Doddy Hernanto atau Mr D. (Foto: Mr D/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Seniman kawakan dengan ciri khas sketsa bergerak, Doddy Hernanto atau yang akrab dipanggil Mr D, membuat karya sketsa wajah yang menunjukkan Bassist Boomerang, Hubert Henry Limahelu.

Mr D melukis sketsa dengan diiringi alunan lagu dalam satu album Xtravaganza milik grup band Boomerang. Karya itu dipersembahkan sebagai penghormatan terakhir dan credit kepada sahabatnya, Henry Boomerang yang meninggal dunia Sabtu (24/4/2021) di Surabaya, Jawa Timur.

"Aku ingin mengapresiasi seorang basisnya Boomerang. White on black ini sesuai dengan perjalanan Henry ya," kata Mr D kepada TIMES Indonesia melalui sambungan telepon, Minggu (25/4/2021).

"Mereka tak akui panggungnya dia luar biasa. Musik itu ada gregetnya. Dia juga bisa ngemong massa," imbuhnya.

Mr D mengaku mengenal baik sosok Henry Boomerang. Di tahun 2000, mereka sering bertemu dan jalan bareng menjalankan misi tour Boomerang.

Terakhir, Mr D sempat berkomunikasi singkat lewat WhatsApp sebelum live streaming Instagram di acara TIMES Indonesia bertajuk Ngobati (Ngobrol Bareng TIMES Indonesia) pada Kamis (18/3/2021).

"Aku japri-an via Wa waktu itu," singkatnya.

Direktur Gawainesia TIMES Indonesia itu menerangkan, pembuatan sketsa wajah Henry Boomerang bisa tuntas dalam waktu kurang dari 1 jam.

Henry-Boomerang-2.jpg

Di tengah kesibukan jobnya, Mr D menyempatkan waktu untuk seketika membuat karya insidentil yang menunjukkan karakter sosok Henry Boomerang.

Dibuat pada Sabtu (24/4/2021) sekitar pukul 15.00 WIT, di Kota Surabaya, Mr D bergegas membuat goresan all about Henry Boomerang. Dia hanya bermodal keterampilan dan pengalamannya dalam dunia sketsa. 

"Butuh waktu 1 jam karena aku mengejar kecepatan. Entah mengapa, aura dan shading-nya itu kuat sekali. Aku melukis diiringi album Xtravaganza," tuturnya.

Mr D tidak menjelaskan rinci terkait waktu normal pembuatan sketsa. Namun menurutnya, membuat sketsa tidak bisa diukur dengan waktu. Kecepatan bisa dilakukan tapi kerapkali meninggalkan ketepatan detailnya.

"Ya tergantung kekuatan seseorang itu. Kadang enggak bisa diukur dengan waktu. Seni itu panjang, sedang hidup ini pendek," tukasnya.

Ia menyontohkan bagaimana seseorang tidak bisa membuat tanda tangan dengan persis dan presisi di setiap pembuatannya. Sebab, tanda tangan mengandalkan ingatan dan rumusan goresan pribadi. Dari sini, kata Mr D, mood melukis sketsa menentukan ketepatan dan kecepatan karya.

Dalam bahasa Inggris, Mr D menyampaikan quote "Sketches, drawings, paintings are just terms whose shapes consist only of lines" yang artinya sketsa, gambar, lukisan hanyalah istilah yang bentuknya hanya terdiri dari garis.

Sketsa wajah Henry Boomerang bikinan Mr D ini akan menambah deretan karya di galerinya yang kini mencapai 338 lukisan. RIP Hubert Henry! (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES