Gaya Hidup

Ingin Tetap Produktif Saat Puasa? Ini Caranya

Minggu, 25 April 2021 - 14:22 | 112.41k
Ilustrasi seorang sedang bekerja. (Foto: Pinterest)
Ilustrasi seorang sedang bekerja. (Foto: Pinterest)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Saat menjalankan ibadah puasa, kita cenderung lebih suka rebahan ketimbang menghasilkan hal produktif atau sesuatu yang lebih berguna. Sebenarnya hal ini sangat wajar saja karena sebagai manusia juga memerlukan suasana yang berbeda.

Ditambah lagi, saat berpuasa asupan makanan termasuk yang dapat memancing hormon endorfin sedikit dibatasi. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan beberapa dari kita tetap dituntut untuk lebih produktif lagi dikala puasa. Tentu hal ini akan kurang menyenangkan bagi yang tidak dapat mengatasinya dengan cara tertentu. Utamanya bagi seseorang dengan karakter mood yang berubah-ubah.

Berikut yang dapat dilakukan agar tetap produktif selama puasa: 

1. Bangun pagi

Bangun pagi akan lebih membuat otak jauh lebih segar ketimbang bangun agak siang. Dengan kondisi ini, otak jauh lebih bisa diajak berkompromi dibanding saat siang hari. Sehingga, banyak yang menyimpulkan jika bangun pagi, seseorang akan jauh lebih produktif dari biasanya.

Meski tidak dipungkiri jika setelah sahur justru mengantuk, akan tetapi harus tetap membiasakan untuk tidak tidur setelah sahur. Selain tidak baik bagi kesehatan, juga menurunkan kinerja otak sehingga menjadi tidak produktif. 

2. Jangan lewatkan makan sahur

Hal ini sebenarnya kadang tidak berlaku bagi setiap orang. Akan tetapi, selain juga kurang baik untuk kesehatan, juga akan tidak memaksimalkan fungsi otak. Mengapa? Karena pada kasus tertentu beberapa orang sering merasa lapar lebih cepat dibanding dengan mereka yang tidak melewatkan sahur. Alhasil, ketika kita merasa lapar tentu tubuh akan lebih memilih untuk langsung istirahat sebagai pelampiasan dan menjadi tidak produktif dalam bekerja. 

3. Mengusahakan gizi terpenuhi

Hal ini merupakan salah satu dari komponen penting jika kita ingin otak kita bekerja secara maksimal. Jika asal memilih makanan, tentu akan berdampak selain kepada tubuh juga pada otak. Misalkan junk food, terlalu banyak karbo, dan kurangnya protein. Umumnya hal ini justru akan membuat badan seringkali merasa lemas dan kurang semangat. Oleh karena itu tidak menutup kemungkinan jika ini akan membuat kita menjadi malas dan kurang produktif. 

4. Membuat sekeliling senyaman mungkin

Tidak menutup kemungkinan seseorang dengan karakter tertentu memiliki selera akan ruangan pribadinya sehingga akan membangun mood untuk mengerjakan sesuatu. Hal ini dapat dilakukan misalnya dengan merapikan kamar, menyediakan pengharum ruangan atau diffuser, mengubah cat dinding semenarik mungkin, ataupun dengan menambahkan musik yang santai untuk menambah semangat. Tentu semua hal ini akan berpengaruh karena lingkungan kerja yang nyaman dan sedikit gangguan akan meminimalisir rasa khawatir dan menjaga seseorang tetap produktif. 

Itulah beberapa tips untuk tetap bisa produktif dikala puasa. Maka tidak menjadi alasan lagi untuk terus berkarya dan menghasilkan sesuatu yang kreatif. Dengan begitu, justru akan semakin menghibur masyarakat banyak mengenai konten atau karya yang dibuat dengan produktif, tentu akan maksimal. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES