Ekonomi

Mengenal HIPMIKIMDO, Wadah Berkumpulnya UMKM untuk Tingkatkan Daya Saing

Sabtu, 24 April 2021 - 21:52 | 78.93k
HIPMIKIMDO dalam sebuah lokakarya bisnis UMKM. (FOTO: Gilar Aditya/TIMES Indonesia)
HIPMIKIMDO dalam sebuah lokakarya bisnis UMKM. (FOTO: Gilar Aditya/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Himpunan Pengusaha Mikro Kecil dan Menengah Indonesia (HIPMIKIMDO) merupakan sebuah wadah UMKM Indonesia yang memiliki peran aktif dalam meningkatkan kualitas UMKM nasional untuk lebih berdaya saing tinggi.

Hal tersebut dinilai penting mengingat peran UMKM hari ini yang terbukti dapat memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia. Termasuk peran utamanya dalam peningkatan perekonomian nasional.

HIPMIKIMDO 2

Namun, saat ini juga, banyak UMKM yang berjalan secara sendiri-sendiri sehingga diperlukan sebuah wadah untuk dihimpun agar UMKM tersebut nantinya akan lebih berkembang dan memiliki daya saing lebih.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) HIPMIKIMDO Jawa Timur, Bambang Wahyuono menyampaikan lewat beragam pembinaan yang diberikan oleh HIPMIKIMDO, diharapkan mampu membantu UMKM di Jawa Timur dalam menghadapi kendala UMKM yang sering dijumpai.

"Kami menghimpun teman-teman UMKM ini dalam satu wadah, tentu dengan harapan bisa mengembangkan beraneka ragam kebutuhan mereka. Contohnya adalah pengembangan produk, pengembangan pasar, pengembangan pelatihan dan Pendidikan, pengembangan kemitraan serta akses bisnis, pasar dan sebagainya," ungkapnya kepada TIMES Indonesia.

"Bahkan termasuk advokasi dalam arti pembinaan terhadap mereka (pelaku UMKM) yang berhubungan dengan pelayanan hukum. Termasuk legal formal. Jadi membantu dalam hal perizinan," imbuhnya.

Bambang juga mengungkapkan visi HIPMIKIMDO yaitu mengembangkan UMKM yang berdaya saing, mandiri dan bermartabat. Serta beragam misi yang berfokus dalam pemberdayaan UMKM yang berbasis kerjasama dan pengembangan.

"Kami memiliki misi yaitu mengembangkan UMKM dari segi akses pasar, pengembangan kualitas dan kerjasama dengan berbagai pihak seperti perusahaan BUMN, BUMD, dan BUMS untuk membantu meningkatkan nilai usaha dan pemberdayaan UMKM secara umum dan lebih luas," paparnya.

HIPMIKIMDO 3

Pihaknya juga menyampaikan khusus pada DPD Jawa Timur memiliki beragam program kerja spesial untuk membantu pelaku UMKM.

"Khusus di Jawa Timur, kami  melaksanakan berbagai program kerja utama. Salah satunya adalah melaksanakan sekolah bisnis kepada UMKM yang tentunya sekolah yang benar-benar mengembangkan," jelasnya.

Adapun materi yang disampaikan meliputi pengembangan startup baru, cara mengembangkan UMKM yang berkelas, langkah menjalin kemitraan dengan swasta, pengembangan produk bisnis, dan hingga optimasi kanal sosial media, khususnya Youtube.

DPD HIPMIKIMDO Jawa Timur juga terus melakukan koordinasi dengan Dewan Pimpinan Cabang HIPMIKIMDO Kota Surabaya, salah satunya dalam pelaksanaan acara HIPMIKIMDO Expo 2021.

Kegiatan tersebut merupakan rangkaian acara pameran yang menghadirkan UMKM-UMKM se- Jawa Timur di salah satu Mall terbesar di Kota Surabaya.

Ketua HIPMIKIMDO Kota Surabaya, Viki Yossida menyampaikan bahwa acara tersebut nantinya diselenggarakan dalam rangka show up produk UMKM terutama pada segmen mal yang bergengsi di Kota Surabaya menginggat lokasi tersebut menjadi tolak ukur dalam pemasaran sebuah produk.

"Nantinya, kita akan mengundang 38 DPC HIPMIKIMDO di seluruh Jawa Timur dan mereka-mereka ini akan turut serta membawa UMKM-nya. Jadi kemungkinan akan mencapai 200  UMKM pilihan di Jawa Timur," jelasnya.

"Acara tersebut nantinya akan dibuka langsung oleh Ibu Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa. Dengan adanya expo ini, kita galakkan optimisme terhadap pelaku UMKM bahwa bisnis harus beradaptasi dengan kondisi pandemi ini," tambahnya.

HIPMIKIMDO sebagai himpunan UMKM tingkat nasional berdiri sejak tahun 2008, terus menghimpun seluruh UMKM di Indonesia untuk kemajuan ekonomi bangsa. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES