Peristiwa Internasional

Lima Konsensus soal Myanmar Disepakati pada KTT ASEAN di Jakarta

Sabtu, 24 April 2021 - 21:34 | 83.84k
Para pemimpin negara ASEAN termasuk Myanmar dan perwakilan yang hadir pada KTT ASEAN di Jakarta. (Foto-foto: BPMI Setpres/Laily RE)
Para pemimpin negara ASEAN termasuk Myanmar dan perwakilan yang hadir pada KTT ASEAN di Jakarta. (Foto-foto: BPMI Setpres/Laily RE)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pertemuan para pemimpin negara anggota menyepakati sejumlah hal terkait isu Myanmar dalam Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT ASEAN di Jakarta

Ketua ASEAN Sultan Hassanal Bolkiah mengatakan, "Kami mengakui peran positif dan konstruktif ASEAN dalam memfasilitasi solusi damai untuk kepentingan rakyat Myanmar dan penghidupan mereka."

KTT ASEAN 2

"Dan karena itu menyetujui 'lima poin konsensus' yang dilampirkan pada pernyataan Ketua ini," ujarnya dalam pernyataan resmi, Sabtu (24/4/2021).

Kepala negara Brunei Darussalam itu merinci lima konsensus terkait isu Myanmar. Pertama, kekerasan harus segera dihentikan di Myanmar dan semua pihak harus menahan diri sepenuhnya.

Kedua, dialog konstruktif antara semua pihak terkait untuk mencari solusi damai demi kepentingan rakyat. Ketiga, utusan khusus Ketua ASEAN akan memfasilitasi mediasi proses dialog dengan bantuan Sekretaris Jenderal ASEAN.

Keempat, ASEAN akan memberikan bantuan kemanusiaan melalui AHA Centre. Dan kelima, utusan khusus dan delegasi akan mengunjungi Myanmar untuk bertemu semua pihak terkait.

KTT ASEAN 3

Sebelumnya, Presiden RI Jokowi menyampaikan sejumlah pandangan di antaranya meminta penghentian kekerasan dan pengembalian demokrasi dan perdamaian di Myanmar.

"Kekerasan harus dihentikan dan demokrasi dan stabilitas dan perdamaian di Myanmar harus segera dikembalikan. Kepentingan masyarakat Myanmar harus selalu jadi prioritas," kata Jokowi dalam konferensi pers secara daring.

Sebelumnya juga, Perdana Menteri (PM) Malaysia Muhyiddin Yassin mengklaim pemimpin junta militer Myanmar sepakat untuk mengakhiri kekerasan terhadap warga sipil.

PM Singapura Lee Hsien Loong juga menyebut bahwa pemimpin militer Myanmar, Min Aung Hlaing tidak menentang usulan untuk mengirim bantuan kemanusiaan.

Sejumlah pemimpin atau perwakilan dari negara-negara ASEAN hadir dalam KTT, yakni PM Vietnam Phạm Minh Chính, PM Kamboja Hun Sen, PM Malaysia Muhyiddin Yassin, dan PM Singapura Lee Hsien Loong.

Perwakilan yang hadir, ada Menteri Luar Negeri Filipina sebagai Utusan Khusus Filipina Teodoro L. Locsin Jr., Menteri Luar Negeri Thailand sebagai Utusan Khusus Thailand Don Pramudwinai, Menteri Luar Negeri Laos sebagai Utusan Khusus Laos Saleumxay Kommasith. 

Pemimpin militer Myanmar Jenderal Min Aung Hlaing turut hadir dalam KTT ASEAN di Jakarta ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES