Kuliner

Primadona Buka Puasa, Ini Manfaat Air Tebu untuk Kesehatan dan Kecantikan

Sabtu, 24 April 2021 - 10:21 | 155.72k
Pedagang air tebu murni di depan Masjid Jamik Asy-Syarief Babahrot, Abdya, Aceh (Foto: T. Khairul Rahmat Hidayat/TIMES Indonesia)
Pedagang air tebu murni di depan Masjid Jamik Asy-Syarief Babahrot, Abdya, Aceh (Foto: T. Khairul Rahmat Hidayat/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, ACEH – Bulan suci Ramadan membawa berkah bagi pedagang musiman, banyak pedagang takjil dan menu buka puasa menjajakan dagangannya dan dapat meraup keuntungan mulai dari ratusan hingga jutaan rupiah perhari, termasuk pedagang air tebu.

Beragam makanan dan minuman pun disediakan mereka, mulai dari air tebu, kelapa muda, kolak, timun suri, kolang kaling, semangka, maupun lainnya yang menjadi berkah tersendiri bagi para pedagang.

tebu nT. Mahiddin, pedagang air tebu di Desa Pante Rakyat, Babahrot, Abdya, Aceh saat memasukkan tebu ke mesin pemeras air tebu (Foto: T. Khairul Rahmat Hidayat/TIMES Indonesia)

T Mahiddin, salah seorang pedagang di Desa Pante Rakyat, Kecamatan Babahrot, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Aceh mengatakan, setiap bulan Ramadan datang dirinya selalu berjualan air tebu untuk menambah perekonomian keluarga.

"Iya benar, sudah 11 tahun saya jualan air tebu saat bulan puasa di depan Masjid Jamik Asy-Syarief Babahrot," ujarnya, Jumat (23/4/2021).

Mantan wartawan salah satu media tersebut mengungkapkan, berjualan di bulan Ramadan cukup menghasilkan jika dibandingkan dengan berjualan di bulan lain. Karena, minat beli warga lebih tinggi pada bulan penuh keberkahan ini.

"Setiap bulan Ramadhan air tebu seakan menjadi primadona, selain praktis harga air tebu juga sangat terjangkau hanya Rp 5 ribu perbungkus," katanya.

Menurutnya, air tebu memang menjadi salah satu menu berbuka favorit pada bulan suci Ramadan. Selain dapat menyegarkan tubuh, air tebu juga bermanfaat untuk kesehatan dan kecanyikan.

"Ya, selain untuk kesegaran setelah berpuasa seharian, air tebu juga sangat bermanfaat untuk kesehatan," sampainya.

Untuk diketahui, dalam 100 ml air tebu terkandung sekitar 80 kalori dan beragam nutrisi, seperti karbohidrat, gula (sukrosa dan fruktosa), protein, kalsium, kalium, magnesium, zat besi. Tak hanya itu, air tebu juga mengandung natrium, zinc, mangan, serta antioksidan seperti polifenol, flavonoid dan karotenoid.

Manfaat air tebu murni memang jauh lebih baik ketimbang gula yang sudah dikemas. Air tebu mengandung gula alami dan tidak memiliki lemak. Rajin mengonsumsi minuman tersebut secara rutin bisa membantu mengurangi berat badan tubuh.

tebu oPenjual air tebu menjajakan dagangannya (Foto: T. Khairul Rahmat Hidayat/TIMES Indonesia)

Air tebu murni juga bermanfaat membantu meningkatkan metabolisme tubuh serta memenuhi kebutuhan energimu. Selain itu, nutrisi dalam minuman ini juga berkhasiat bagi kecantikan.

Berikut adalah manfaat air tebu murni untuk kesehatan dan kecantikan:

  1. Mengontrol kadar gula darah
  2. Membantu melawan kanker
  3. Mengatasi bau mulut
  4. Meningkatkan kekuatan tulang dan gigi
  5. Meredakan demam
  6. Melancarkan pencernaan
  7. Menambah stamina
  8. Meredakan sakit tenggorokan
  9. Mengobati luka
  10. Menurunkan berat badan
  11. Mencegah kerusakan sel darah
  12. Detoks racun
  13. Menjaga kesehatan ginjal
  14. Baik untuk ibu hamil
  15. Mengelola stres dan atasi insomnia
  16. Menjaga stabilitas tekanan darah
  17. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  18. Baik untuk kesehatan liver atau hati
  19. Mengobati jerawat
  20. Cegah penuaan dini dan bikin awet muda
  21. Menjaga keseimbangan pH tubuh
  22. Menjaga kesehatan dan kecantikan rambut

Dengan manfaat itu, maka tak heran jika air tebu selalu menjadi primadona buka puasa saat Ramadan, khususnya bagi warga Aceh. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES