News Commerce Indonesia Bangkit

Unggul! Laboratorium SMK YPI Darussalam 2 Cerme Gresik Jadi Rujukan USK SMK Kesehatan Lain

Sabtu, 24 April 2021 - 03:43 | 105.07k
Pelaksanaan Uji Sertifikasi Kompetensi (USK) di laboratorium kesehatan SMK YPI Darussalam 2 Cerme, Gresik.(Foto-foto: SMK YPI Darussalam 2 Cerme for TIMES Indonesia)
Pelaksanaan Uji Sertifikasi Kompetensi (USK) di laboratorium kesehatan SMK YPI Darussalam 2 Cerme, Gresik.(Foto-foto: SMK YPI Darussalam 2 Cerme for TIMES Indonesia)
FOKUS

Indonesia Bangkit

TIMESINDONESIA, GRESIK – Sejak tahun ajaran (TA) 2019-2020 dan 2020-2021, laboratorium kesehatan SMK YPI Darussalam 2 Cerme, Gresik, menjadi sekolah rujukan pelaksanaan Uji Sertifikasi Kompetensi (USK) oleh sekolah lain.

Salah satunya adalah SMK Al Muniroh Ujung Pangkah yang memilih SMK YPI Darussalam 2 Cerme sebagai tempat pelaksanaan USK jurusan farmasi di sekolah tersebut.

Unggul 2Laboratorium Teknologi Laboratorium Medik (TLM).

Nur Indah Safitri, Guru Produktif Farmasi SMK Al Muniroh Ujung Pangkah, mengatakan alasan dipilihnya laboratorium SMK YPI Darussalam 2 Cerme yaitu peralatan uji laboratorium yang lengkap dan terbaru. Selain itu, ruangan laboratorium yang luas, aman, dan nyaman, serta bahan atau stok yang selalu tersedia.

Selain kelengkapan laboratorium yang menjadi keunggulan, Nur Indah mengungkapkan, SMK YPI Darussalam 2 Cerme juga menjalin kerja sama dengan para asesor yang telah tersertifikasi.

Penguji atau asesor dalam kegiatan USK berasal dari Lembaga Sertifikasi Profesi Asisten Tenaga Kesehatan Indonesia (LSP Asnakes Indonesia). Adapun asesor untuk farmasi adalah Andika Satriyono AMd Farm dan Mariyah SFarm, sedangkan asesor untuk Teknologi Laboratorium Medik (TLM) adalah Yuliati STrKes.

“USK tahun 2021 berjalan lancar dan sukses. Saya senang bisa berkesempatan USK di YPI Darussalam 2 Cerme dengan fasilitas laboratorium yang lengkap. Kami juga mendapatkan ilmu dari para pembimbing dan asesor hingga mampu mengantarkan anak-anak menuju kompeten,” kata Nur Indah.

Sementara itu, Guru Produktif SMK YPI Darussalam 2 Cerme, Fadhilah SPd mengatakan, USK telah dilaksanakan oleh siswa siswi bidang keahlian kesehatan, baik jurusan Farmasi Klinis dan Komunitas (FKK) maupun TLM.

“USK ini dimulai pada 29-30 Maret 2021 untuk jurusan TLM dan pada 5-6 April 2021 untuk jurusan farmasi,” jelas Fadhilah.

Fadhilah menjelaskan, pelaksanaan USK ini dilakukan di dua laboratorium unggulan SMK YPI Darussalam 2 Cerme, yaitu laboratorium farmasi dan laboratorium TLM.

Unggul 3Laboratorium Komputer dan Laboratorium Farmasi Klinis dan Komunitas (FKK).

“Terdapat 30 siswa dari jurusan farmasi, dan 15 siswa dari jurusan TLM dalam kegiatan USK yang berlangsung dalam 2 sampai 3 sesi per hari,” kata Fadhilah.

Prosedur pelaksanaan USK diawali dengan siswa siswi mengikuti tes tulis berbasis komputer, kemudian dilanjutkan dengan ujian praktik yang dilakukan di laboratorium yang dimiliki masing-masing jurusan.

Menurut dia, semua siswa dinyatakan 100 persen kompeten atau lulus dalam pelaksanaan USK di tahun ini.

SMK YPI Darussalam 2 Cerme, Gresik, terus berupaya untuk menyempurnakan laboratorium kesehatan yang dimiliki, sehingga mampu menciptakan siswa siswi yang ahli dan kompeten di bidang kesehatan,” kata Fadhilah. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Hendarmono Al Sidarto
Publisher : M. Rofiul Achsan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES