Wisata Indonesia Bangkit

Menparekraf RI Sandiaga Uno Terpesona Keindahan Desa Wisata Tungkal Selatan

Jumat, 23 April 2021 - 20:31 | 42.79k
Kunjungan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno, di Desa Wisata Tungkal Selatan, Kecamatan Pariaman Utara, Kota Pariaman, Sumatera Barat. (Foto : Disparbud Kota Pariaman for TIMES Indonesia)
Kunjungan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno, di Desa Wisata Tungkal Selatan, Kecamatan Pariaman Utara, Kota Pariaman, Sumatera Barat. (Foto : Disparbud Kota Pariaman for TIMES Indonesia)
FOKUS

Indonesia Bangkit

TIMESINDONESIA, PARIAMAN – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf),  Sandiaga Uno mengaku terpesona dengan keindahan Desa Wisata Tungkal Selatan, Kecamatan Pariaman Utara, Kota Pariaman, Sumatra Barat.

“Agrowisatanya keren, panoramanya mengagumkan,” katanya, Jumat (23/4/2021).

Pernyataan tersebut disampaikan Menpar Sandi ketika berkunjung ke Desa Wisata Tungkal Selatan. Salah satu destinasi unggulan daerah berjuluk The Sunset City of Indonesia.

Kedatangan Menparekraf ini disambut langsung oleh Wali Kota Pariaman, Dr. H. Genius Umar, S.Sos, M.Si. Wakil Wali Kota Pariaman, Mardison Mahyuddin, Ketua DPRD Kota Pariaman, Fitri Nora. Sekretaris Daerah Kota Pariaman, Yota Balad, S.Stp, M.Si dan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Pariaman, Dwi Marhen Yono, S.Stp, M.Si.

Tak ketinggalan Camat Pariaman Utara, Ahadi Nugraha dan Kepala Desa (Kades) Tungkal Selatan, Rahayadi Ningrat.

Penyambutan berlangsung cukup meriah. Sejumlah kesenian tradisional Kota Pariaman disuguhkan. Diantaranya tari Pasambahan dan Silek atau Gandang Tasa. Selanjutnya, Sandi meninjau stand produk UMKM Desa Wisata Tungkal Selatan. Disitu, dia terlihat sangat antusias melihat beragam produk ekonomi kreatif setempat.

Tak hanya itu, Wali Kota Genius Umar bersama jajaran juga mengajak Menteri Pariwisata untuk mengunjungi BUMDes Tungkal Selatan. Video tentang kekayaan potensi sektor pariwisata Kota Pariaman pun ikut dipamerkan dilayar raksasa ukuran 70 inci.

“Saya optimis potensi sektor pariwisata Kota Pariaman, akan mampu menjadi pendorong pemulihan ekonomi masa pandemi,” cetus Menpar Sandiaga Uno.

Kedatangan ke Desa Wisata Tungkal Selatan, lanjutnya, merupakan wujud dukungan terhadap pengembangan desa wisata. Sebagai salah satu upaya bersama dalam mengelola potensi dan sumberdaya. Membentuk kemandirian ekonomi. Sekaligus menggeliatkan kembali ekonomi mikro dan UMKM.

Menparekraf-Banyuwangi-2.jpg

Sementara itu, Wali Kota Pariaman, Dr. H. Genius Umar, S.Sos, M.Si, menyampaikan bahwa Kota Pariaman memiliki potensi sektor wisata yang luar biasa. Kaya akan destinasi yang disukai wisatawan lokal dan diburu wisatawan nasional dan internasional.

“Dengan kerjasama seluruh elemen masyarakat, serta dukungan pemerintah, kami optimis, pariwisata Kota Pariaman akan menjadi primadona nasional dan dunia,” katanya.

Tentunya, kata Genius Umar, kemajuan sektor pariwisata akan membawa efek positif dalam mendorong percepatan dan kesejahteraan masyarakat.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Pariaman, Dwi Marhen Yono, S.Stp, M.Si menambahkan pihaknya akan terus melakukan inovasi guna meningkatkan daya tawar sektor pariwisata. Diantaranya dengan fokus dalam pengembangan desa wisata.

“Alhamdulillah, berbagai upaya Dinas Pariwisata bersama seluruh elemen masyarakat mulai membuahkan hasil,” ungkapnya.

Salah satu indikasi adalah semakin banyaknya pejabat tinggi pemerintahan, tokoh dan artis nasional yang berkunjung ke Kota Pariaman. Serta makin kuatnya dukungan pemerintah pusat terhadap tumbuh kembang sektor pariwisata daerah berjuluk The Sunsen City of Indonesia.

Dalam kunjungan ke Desa Wisata Tungkal Selatan, Kecamatan Pariaman Utara, Kota Pariaman, Menparekraf Sandiaga Uno menyempatkan untuk mencicipi sensasi sepeda layang. Termasuk menikmati keindahan panorama alam dari ketinggian dengan balon udara. Di destinasi ini pengelola juga menyediakan wahana Flying Fox.

Seperti diketahui, Kota Pariaman, Sumatra Barat  merupakan salah satu jujugan wisata nasional dan internasional. Sebagai satu-satunya Kota Festival di Provinsi Sumatra Barat, Kota Pariaman, kaya akan destinasi wisata. Panorama alamnya bak surga di dunia nyata. Belum lagi keberadaan 45 event Pariaman Festival 2021 yang digeber disepanjang tahun. Makin lengkap dengan berdirinya Pasar Rakyat Kota Pariaman, dipastikan wisatawan akan makin betah berlama-lama. Yuk berwisata ke Kota Pariaman!. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES