Peristiwa Daerah

Dinas Kearsipan Lamongan Torehkan Prestasi

Jumat, 23 April 2021 - 20:28 | 42.83k
Agus Bukhori (memakai masker merah) Staf Dinas Kearsipan Lamongan saat melakukan audit Pengawasan Internal ke salah satu OPD di Lamongan, (Foto : Dokumen for TIMES Indonesia)
Agus Bukhori (memakai masker merah) Staf Dinas Kearsipan Lamongan saat melakukan audit Pengawasan Internal ke salah satu OPD di Lamongan, (Foto : Dokumen for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, LAMONGANDinas Kearsipan Lamongan meraih nilai AA (Sangat Memuaskan) dan peringkat 3 tingkat Provinsi Jawa Timur atas hasil pengawasan kearsipan tahun 2020 yang diselenggarakan ANRI (Arsip Nasional Republik Indonesia). Sesuai PermenpanRB No 30 tahun 2018, nilai hasil pengawasan kearsipan menjadi salah satu komponen penilaian Reformasi Birokrasi.   

Kepala Dinas Kearsipan Kabupaten Lamongan Gunadi mengatakan, pihaknya telah meraih poin nilai 90,6 predikat Sangat Memuaskan dan peringkat 3 tingkat Provinsi Jawa Timur atas hasil Pengawasan Kearsipan tahun 2020.

“Nilai 90,6 akan terus kita pertahankan dan terjaga dengan baik. Jangan sampai turun menjadi A, minimal naik poin. Nilai AA itu sudah puncak artinya cumlaude. Dan untuk batas nilai AA itu mulai 90-100,” ucap Gunadi, Jumat (23/04/2021).

Gunadi mengungkapkan, untuk meraih nilai Sangat Memuaskan atas hasil Pengawasan Kearsipan tidaklah mudah karena banyak hal yang harus sesuai dengan Perka ANRI No. 6 tahun 2019.  

“Dalam Perka (Peraturan Kepala) ANRI tersebut ada dua bentuk Pengawasan Kearsipan, yakni Pengawasan Eksternal dan Pengawasan Internal,” katanya.

Pengawasan Eksternal, jelas Gunadi, itu dilakukan oleh ANRI kepada Kementerian Lembaga Negara Non Kementerian, Provinsi, Perguruan Tinggi, Kabupaten/Kota. Sedangkan Pengawasan Internal, terangnya,  dilakukan Dinas Kearsipan untuk mengawasi atau mengaudit kerasipan di OPD yang ada di Kabupaten Lamongan.

“Jadi setiap tahun kita telah diaudit oleh ANRI. Dan setiap tahun kita juga mengaudit OPD di Kabupaten Lamongan mulai sejak tahun 2018, 2019 sampai tahun 2020,” aku Kepala Dinas Kearsipan Lamongan.

Sementara itu, Bupati Yuhronur Effendi mengucapkan, selamat kepada Dinas Kearsipan Lamongan atas atas raihan prestasi yang dicapai dalam Pengawasan Kearsipan Tahun 2020 meraih predikat Sangat Memuaskan dan rangking 3 tingkat Provinsi Jawa Timur.

“Selamat dan sukses untuk Dinas Kearsipan. Semoga prestasi ini dapat mengungkit Kabupaten Lamongan menuju Kejayaan,” tulis Yuhronur Effendi melalui media sosial Instaagram Prokopim Setda Lamongan.

Dengan pengawasan kearsipan yang dilaksanakan secara berkesinambungan, Pak Yes sapaan akrab Yuhronur Effendi berharap, prestasi dari Dinas Kearsipan Lamongan ini terus ditingkatkan dan dipertahankan.

“Semoga prestasi ini akan mampu mendorong terwujudnya efisiensi penyelenggaraan pemerintah dan pelayanan publik,” tutur Bupati Yuhronur Effendi mengapresiasi prestasi Dinas Kearsipan Lamongan meraih predikat Sangat Memuaskan dan peringkat 3 tingkat Se-Jatim atas hasil Pengawasan Kearsipan tahun 2020. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES