Kuliner

Menikmati Es Pleret Kurma, Menu Takjil Segar Menyehatkan di Kota Blitar

Jumat, 23 April 2021 - 19:00 | 96.87k
Pengunjung Kafe Friends Reborn sedang menikmati Es Pleret Kurma, Jumat (23/4/2021). (Foto: Sholeh/TIMES Indonesia)
Pengunjung Kafe Friends Reborn sedang menikmati Es Pleret Kurma, Jumat (23/4/2021). (Foto: Sholeh/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BLITAR – Bagaimana jadinya bila kuah es pleret diganti dengan susu sedangkan gulanya diganti dengan kurma. Inovasi itulah yang dilakukan kafe Friend Reborn di Kota Blitar untuk menu takjil dan buka puasa. Es Pleret kurma tentu menjadi salah satu takjil segar dan menyehatkan

Es pleret sendiri adalah minuman tradisional khas wilayah Blitar. Pleret berupa bola-bola kecil terbuat campuran tepung kanji. Di dalam bola bola Pleret tersebut terdapat pemanis yang akan pecah saat digigit. es Pleret dilengkapi dengan cendol (dawet), kuah santan dan gula Jawa dalam penyajiannya.

es pleret blitar 2

"Semakin lama, es pleret semakin kurang diminat konsumsi warga, terutama anak muda. Berawal dari situ, kami berinisiatif membuat es pleret kurma," kata Supriyadi, pemilik Kafe Friends Reborn.

Supriyadi mengatakan, selain lebih segar, penggunaan buah kurma sebagai pemanis alami juga lebih menyehatkan badan. Ia juga mengganti santan dengan susu segar.  Inovasi itu, menurutnya, agar es pleret tetap nikmat dan sehat untuk berbuka puasa.

"Es pleret kurma sama dengan umumnya. Hanya saja untuk gula cairnya, diganti dengan kurma sebagai pemanis. Untuk mereka yang tidak mengkonsumsi santan, es pleret kurma ini cocok dicoba," jelasnya.

Rasa gurih pleret yang terbuat dari tepung kanji, berpadu dengan manis buah kurma,  membuat minuman ini cocok sebagai takjil. Selain itu, sensasi nyess setelah Pleret pecah, dan cairan pemanisnya mulai terasa, memang tidak ada duanya.

"Harga es pleret kurma ini masih ramah di kantong. Satu gelas es pleret kurma, kami bandrol dengan harga Rp 8 ribu saja," urai pemilik Kafe Friends Reborn di Kota Blitar ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES