Ekonomi

Dosen Unusa Bagikan Tips Ekonomi untuk Keluarga Terdampak Pandemi

Jumat, 23 April 2021 - 18:56 | 24.14k
Dosen Fakultas Ekonomi Bisnis dan Teknologi Digital (FEB-TD) Unusa, Riyan Sisiawan Putra, S.E., M.SM. (Foto: Humas Unusa)
Dosen Fakultas Ekonomi Bisnis dan Teknologi Digital (FEB-TD) Unusa, Riyan Sisiawan Putra, S.E., M.SM. (Foto: Humas Unusa)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Banyak lini kehidupan yang terdampak selama setahun belakangan dikarenakan pandemi ini, termasuk keluarga sebagai lini terkecil. Untuk itu, Dosen Fakultas Ekonomi Bisnis dan Teknologi Digital (FEB-TD) Unusa, Riyan Sisiawan Putra, SE, MSM berbagi tips.

Ia membagikan cara untuk mengembalikan perekonomian keluarga di masa pandemi seperti saat ini. Salah satunya,  harus segera bangkit bila salah satu anggota keluarga menjadi korban PHK.

"Jadi harus cepat mencari celah, supaya keadaan tidak bertambah buruk," ungkap Riyan, Jumat (23/4/2021). 

Dalam ajaran Islam, salah satu cara terbukanya pintu rezeki adalah dengan menjaga tali silaturahmi. Hal inilah yang dilihat Riyan untuk kemudian bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Ketika banyak orang yang mau melakukannya, maka jalan untuk mendapatkan pekerjaan makin terbuka lebar lewat komunikasi yang terjalin. Terlebih, bila kita bisa membuka komunikasi dengan pebisnis.

"Jadi kita membuat kesepakatan dengan si pemilik barang untuk bisa menjualkan barangnya, di mana margin yang disepakati bisa menjadi keuntungan," terang Riyan.

Setelah pandemi ini, banyak perusahaan dan tempat usaha mulai bergeliat menuju normal kembali atau biasa kita sebut sebagai new normal. Bila masih ingin menjadi pegawai, saat ini merupakan waktu tepat untuk menawarkan diri ke perusahaan, tentunya yang sesuai dan membutuhkan keahlian kita.

"Namun bila kita sudah nyaman dengan usaha-usaha yang telah kita lakukan selama ini, berarti kita sudah cocok menjadi seorang wirausaha," jelas Dosen Unusa ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES