Peristiwa Nasional

Ratusan WNA India Masuk Indonesia, Begini Respon Tegas Doni Monardo

Jumat, 23 April 2021 - 18:24 | 77.61k
Ketua Satgas Penanganan Covid-19, Doni Monardo. (FOTO: dok BNPB)
Ketua Satgas Penanganan Covid-19, Doni Monardo. (FOTO: dok BNPB)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Ketua Satgas Covid-19, Doni Monardo turut memperhatikan secara serius adanya eksodus warga negara asing (WNA) asal India yang masuk ke Indonesia. Kepala BNPB itu pun meminta Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito untuk memastikan kedatangan tersebut.

Peraih Positive News Maker 2020 Anugerah TIMES Indonesia (ATI) ini menyampaikan, jika hal ini benar, harus benar-benar mendapatkan perhatian serius.

"Jangan sampai nanti kita membiarkan kedatangan WNA. Kecuali kalau dia punya Kitas. Di luar itu tidak boleh. Satu sisi mudik tidak boleh, tapi ada WNA yang difasilitasi," ujarnya.

Hal itu bukan tanpa alasan. India mencatat rekor baru dalam pandemi dengan melaporkan 314.835 kasus Covid-19 dalam sehari pada Kamis (22/4/2021) kemarin. Laporan tersebut menandai jumlah kasus harian Covid-19 tertinggi di dunia sejak pandemi dimulai pada tahun lalu.

Sebelumnya, Kasubdit Karantina Kesehatan Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan (Kemenkes RI) mengatakan, per Jumat (23/4/2021) ini, sebanyak 132 orang WNA asal India masuk ke Indonesia.

Di mana, ratusan WNA tersebut masuk ke Indonesia melalui Bandara Soekarno-Hatta dengan menumpangi pesawat carter. "Sampai hari ini yang masuk melalui India yang datang langsung dengan pesawat carter. Mereka 132 orang," katanya.

Sementara itu, Ketua Komisi I DPR, Meutya Hafid, meminta pemerintah segera mengumumkan pelarangan masuk bagi orang yang datang dari India. "Saya meminta pemerintah agar dapat segera umumkan pelarangan masuk bagi orang yang datang dari India," ujarnya.

Untuk itu, Doni Monardo mengambil respon tegas terkait kedatangan WNA asal India itu masuk Indonesia. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES