Ekonomi

Bank Indonesia Siapkan 174 Titik di Ciayumajakuning untuk Penukaran Uang Baru

Jumat, 23 April 2021 - 18:28 | 51.47k
Ilustrasi uang. (Foto: Dokumentasi TIMES Indonesia)
Ilustrasi uang. (Foto: Dokumentasi TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, CIREBON – Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Cirebon menyiapkan sebanyak 174 titik di Ciayumajakuning, sebagai tempat penukaran uang baru menjelang Lebaran 2021 atau Hari Raya Idul Fitri 1442 H.

Menurut Kepala KPwBI Cirebon, Bakti Artanta, dalam penukaran uang untuk lebaran tahun ini, Bank Indonesia bekerja sama dengan Perbankan dan Bank Perkreditan Rakyat (BPR) se-Ciayumajakuning. Sehingga, masyarakat bisa memanfaatkan fasilitas tersebut untuk menukarkan uangnya untuk kebutuhan lebaran nanti.

"Ada 174 titik lokasi di kantor bank dan BPR se-Ciayumajakuning," jelasnya, Jumat (23/4/2021).

Bakti melanjutkan, penukaran uang untuk lebaran di tahun ini masih belum melibatkan Pegadaian dan Kantor Pos. Padahal, kedua lembaga tersebut sudah bisa mencapai masyarakat di daerah pelosok. Untuk itu, dirinya berharap di tahun depan, Bank Indonesia bisa bekerja sama dengan Pegadaian dan Kantor Pos dalam hal penukaran uang.

Selain itu, lanjutnya, Bank Indonesia juga melayani penukaran secara kolektif, baik itu dari perusahaan ataupun kelompok.

"Sehingga masyarakat yang berada di daerah pelosok bisa memanfaatkan fasilitas penukaran uang dari Bank Indonesia," ujarnya.

Bakti menambahkan, posisi kas KPwBI Cirebon per tanggal 22 April 2021 mencapai Rp 5,7 triliyun. Dirinya mengakui, saldo kecukupan kas KPwBI Cirebon saat ini sangat mencukupi untuk pemenuhan penukaran uang baru untuk kebutuhan lebaran 2021. "Kami siap memenuhi kebutuhan perbankan secara tepat jumlah dan denominasi sesuai dengan proyeksi yang telah disampaikan kepada Bank Indonesia Cirebon," tuturnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES