Indonesia Positif

Lonjakan Harga Sembako, Forkopimcam Gandrungmangu Sidak Pasar

Jumat, 23 April 2021 - 16:53 | 70.26k
Forkopimcam Gandrungmangu melakukan sidak ke beberapa toko dan lapak pedagang di Pasar Gandrungmangu. (FOTO: Pendim Cilacap for TIMES Indonesia)
Forkopimcam Gandrungmangu melakukan sidak ke beberapa toko dan lapak pedagang di Pasar Gandrungmangu. (FOTO: Pendim Cilacap for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, CILACAP – Mengantisipasi lonjakan harga sembako dan bahan makanan pokok lainnya pada bulan Ramadan ini, Forkopimcam Gandrungmangu melakukan sidak ke beberapa toko dan lapak pedagang di Pasar Gandrungmangu, Kecamatan Gandrungmangu, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Jumat (23/4/2021).

Sidak dipimpin Camat Gandrungmangu Yani Yhustianta, didampingi Danramil 10 Gandrungmangu Kapten Inf Marjono serta Kapolsek Gandrungmangu AKP Sudriyo.

Sidak selain untuk  mengantisipasi melonjaknya harga sembako, kedatangan unsur pimpinan di Kecamatan Gandrungmangu itu juga untuk memastikan ketersediaan stok bahan pangan, khususnya di wilayah Gandrungmangu.

Mereka berinteraksi dengan para pedagang, menanyakan kondisi bahan pangan maupun komoditas lainnya.

Sejumlah bahan pangan diketahui mengalami kenaikan harga dikarenakan bertambahnya permintaan, namun stok terbatas.

Namun hal itu tidak mengakibatkan lonjakan harga yang signifikan, dan semua kebutuhan pokok tersedia serta dipastikan aman dalam memenuhi kebutuhan sembako selama Ramadan.

Seperti beras jenis IR 64 dengan harga Rp 7.000 per kg, gula pasir Rp 12.500 per kg, minyak goreng curah Rp 10.000 per kg, telur ayam ras Rp 26.000 per kg, dan telur ayam kampung Rp 2.000 per butir. Sedangkan daging sapi menginjak ke angka Rp 130.000 per kg.

Dari pantauan, semua stok pangan dan sembako cukup tersedia di Pasar Gandrungmangu.

Harga sembako di pasar ini relatif standar dan belum ada lonjakan yang signifikan.

"Kita pantau terus agar ketersediaan bahan sembako cukup hingga Idul Fitri mendatang, karena apabila kebutuhan pasar meningkat tetapi ketersediaan terbatas, maka harga akan naik," ungkap Kapten Inf Marjono, Danramil 10 Gandrungmangu.

Sementara, mengantisipasi penyebaran Covid-19 di wilayah tersebut, para pengunjung pasar juga diimbau untuk selalu mematuhi protokol kesehatan Covid-19, karena di bulan puasa ini terjadi lonjakan pengunjung. Hal itu juga disampaikan kepada Kepala Pasar Gandrungmangu Kuswanto. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES