Kopi TIMES

Kemajuan Teknologi dalam Prespektif Ekonomi

Rabu, 21 April 2021 - 15:36 | 42.37k
Wildan Mutaqin, Mahasiswa Administrasi Publik, Kader IMM FISIP UMJ.
Wildan Mutaqin, Mahasiswa Administrasi Publik, Kader IMM FISIP UMJ.

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kemajuan teknologi saat ini tidak bisa dipisahkan dari kehidupan masyarakat. Berbagai informasi yang terjadi di berbagai belahan dunia kini telah dapat langsung kita ketahui berkat kemajuan teknologi.

Kalau dahulu kita mengenal kata pepatah “dunia tak selebar daun kelor”, sekarang pepatah itu selayaknya berganti menjadi dunia saat ini selebar daun kelor, karena cepatnya akses informasi di berbagai belahan dunia membuat dunia ini seolah semakin sempit dikarenakan kita dapat melihat apa yang terjadi hari ini di negara luar sana meskipun kita berada di Indonesia. Tentu kemajuan teknologi ini menyebabkan perubahan yang begitu besar pada kehidupan umat manusia dengan segala peradaban dan kebudayaannya. Perubahan ini juga memberikan dampak yang begitu besar.

Internet telah merevolusi cara kerja dunia begitu cepat. Lebih dari 20 miliar perangkat pintar terkoneksi internet. Dengan perkembangan teknologi yang begitu cepat dunia akan mengubah tatanan hampir setiap idustri. Sistem produksi, manajemen, aplikasi, hingga sumber daya manusia di era globalisasi ini, sehingga dengan perkembangan teknologi yang begitu pesat akan mempengaruhi dalam ekonomi di suatu negara.

Kemajuan teknologi akan berpengaruh terhadap perekonomian di Indonesia. Apalagi dengan kemajuan teknologi kita bisa mengakses apapun kebutuhan kita, sehingga teknologi dapat mempermudah kita dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

Berangkat dari sudut pandang kemajuan teknologi dalam prespektif ekonomi. Bahwa kemajuan teknologi hari ini sangat mempermudah kebutuhan yang kita inginkan dan semua kebutuhan kita, bisa kita akses menggunakan teknologi.

Dengan kemajuan teknologi sekarang ini begitu banyak muncul aplikasi-aplikasi toko online salah satu yang populer di Indonesia adalah tokopedia, Lazada dan Shoope. Munculnya aplikasi toko online dapat mempermudah kebutuhan kita mulai dari berbelanja baju hingga peralatan rumah tangga.

Selain lebih mudah dan praktis toko online juga lebih murah penjualanya dari pada di pasar. Tercatat menurut data dari kemkominfo pertumbuhan E-commerce Indonesia Mencapai 78 persen dan tertinggi di dunia. Tentu ini menjadi hal yang pantasis untuk pertumbuhan ekonomi di Indonesia dalam kemajuan teknologi .

Dengan kemajuan teknologi dalam bidang ekonomi harapanya ekonomi Indonesia bisa menjadi lebih baik terutama untuk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), karena yang kita khawatirkan adalah dengan kemajuan teknologi ini umkm harus terkena dampak buruk dari kemajuan teknologi ini, harapanya semoga dengan kemajuan teknologi ini bisa mendorong umkm untuk bisa lebih maju dan bisa mendapatkan keuntungan yang sangat besar.

Bukan hanya pihak aplikasi saja yang diuntungkan dalam kemajuan teknologi ini, tetapi pemerintah juga harus sigap untuk mendorong umkm lebih maju lagi. Apalagi dimasa pandemi seperti sekarang ini dampaknya sangat dirasakan secara signifikan oleh para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) sehingga akan berpengaruh terhadap keberlangsungan usaha umkm dan tanpa kita sadari ini akan menjadi ancaman bagi perekonomian nasional indonesia.

Lantas bagaimana solusinya agar Kemajuan teknologi dalam bidang ekonomi dapat menguntungkan bagi UMKM?.

Indra Wawan Mai Anggoro sebagi pelaku UMKM mengatakan bahwa untuk mengatasi masalah yang dihadapi UMKM pada saat pandemi adalah dengan melakukan pivot bisnis. “Pivot bisnis yaitu merubah arah dan strategi bisnis dengan pertimbangan market , tanpa merubah visi, seperti penjualan online dan strategi jejaring, retail, meningkatkan omzet serta keuntungan,” jelasnya. Sumber; humas LIPI.

Sehingga dengan perkembangan teknologi ini kita selaku UMKM bisa melakukan inovasi dengan kemajuan teknologi sekarang ini dan juga dengan dorongan pemerintah agar terciptanya umkm yang hebat.

UMKM harus mendapatkan perhatian yang serius dari pemerintah agar dengan kemajuan teknologi ini bisa mendorong umkm menjadi lebih maju dan lebih berkembang di Indonesia.

***

*)Oleh: Wildan Mutaqin, Mahasiswa Administrasi Publik, Kader IMM FISIP UMJ.

*) Tulisan Opini ini sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis, tidak menjadi bagian tanggung jawab redaksi timesindonesia.co.id

***

**) Kopi TIMES atau rubrik opini di TIMES Indonesia terbuka untuk umum. Panjang naskah maksimal 4.000 karakter atau sekitar 600 kata. Sertakan riwayat hidup singkat beserta Foto diri dan nomor telepon yang bisa dihubungi.

**) Naskah dikirim ke alamat e-mail: [email protected]

**) Redaksi berhak tidak menayangkan opini yang dikirim apabila tidak sesuai dengan kaidah dan filosofi TIMES Indonesia.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES