Indonesia Positif

BMH Jatim Gerai Malang Resmikan Sumur Bor di Wonokerto Bantur

Jumat, 23 April 2021 - 09:10 | 35.99k
Manajer BMH Jatim gerai Malang Lukman Hakim Menandatangani Prasasti Peresmian Sumur di TPQ At Taufiq Desa Wonokerto Bantur Malang, Minggu (18/4).
Manajer BMH Jatim gerai Malang Lukman Hakim Menandatangani Prasasti Peresmian Sumur di TPQ At Taufiq Desa Wonokerto Bantur Malang, Minggu (18/4).

TIMESINDONESIA, MALANG – Lembaga Amil Zakat Nasional kembali meresmikan wakaf jariah sumur bor di Malang selatan, tepatnya di TPQ At Taufiq Desa Wonokerto, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang pada Minggu, (18/4/2021). 

Manajer operasional BMH Jatim gerai Malang Lukman Hakim mengungkapkan bahwa pembangunan wakaf jariah sumur bor di Wonokerto tersebut berbeda dengan pembangunan serupa di tempat lain. Perbedaan tersebut adalah menyesuaikan harapan donatur yang menitipkan amanahnya ke lembaga yang dipimpinya. 

“Harapan donatur hanya ingin membangun wakaf sumur yang bermanfaat dan bisa digunakan secepatnya, sehingga kita pilih lokasi yang mudah dalam pengerjaannya serta tidak membutuhkan waktu lama,” kata Lukman. 

Proses pengerjaan tidak menggunakan teknologi geolistrik. Hal tersebut dikarenakan lingkungan tempat dibangunnya sumur bor terdapat banyak sumber dan sumur yang kedalamannya kurang dari 15 meter. Meski pengeboran dengan kedalaman 20 meter, proses pengerjaan dari awal sampai penyelesaian hanya membutuhkan waktu 10 hari. 

Selanjutnya, kata Lukman Hakim, BMH bakal merealisasikan pembangunan wakaf sumur bor di Dusun Njeding, Desa Rejosari, Kecamatan Bantur. Di tempat tersebut, menurut dia, sering mengalami kesulitan air bersih pada musim kemarau. Bahkan air untuk memenuhi kebutuhan anak-anak mengaji dan belajar Alquran serta berwudhu pada musim hujan pun, menggunakan air hujan yang ditampung di sebuah bak penampungan musala.

Lukman menuturkan, proses pendeteksian mata air juga menggunakan teknologi geolistrik dengan menggandeng Universitas Brawijaya Malang. Hal itu karena Lukman tidak mau berspekulasi keberadaan sumber, serta kontur tanah yang banyak bebatuan.

“Mohon doa dan dukunganya semoga pembangunan sumur bor berikutnya bisa berjalan dengan baik dan tidak ada halangan apapun,” ujarnya.

Sementara itu, Pengasuh TPQ At Taufiq Desa Wonokerto, Kecamatan Bantur,  Mujiyono mengungkapkan bahwa jariah sumur bor bantuan dari BMH gerai Malang bakal digunakan untuk memenuhi kebutuhan jemaah dan anak-anak mengaji yang jumlahnya mencapai 90 anak. 

“Kami mengucapkan terima kasih kepada BMH Jatim gerai Malang yang telah memberikan bantuan sumur bor di tempat kami, semoga bermanfaat dan memberikan keberkahan semua pihak,” kata Mujiyono. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES