Glutera News

Pentingnya Asupan Serat Saat Puasa, Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Jumat, 23 April 2021 - 13:02 | 79.97k
glutera news.
glutera news.

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Buah dan sayur mengandung beragam manfaat bagi tubuh, karena banyak mengandung serat dan nutrisi. Saat berpuasa, mengonsumsi buah dan sayur sangat disarankan, karena akan memberikan manfaat yang dapat menunjang berbagai aktivitas selama berpuasa.

Sebagian besar orang mengerti bahwa mereka membutuhkan makanan berserat, namun tidak banyak orang yang sepenuhnya tahu makanan mana yang kaya akan serat dan tidak. 

glutera b

Serat secara alami ada pada tanaman. Ada dua jenis serat yaitu serat larut air dan yang tidak larut air. Serat alami larut air yang dikonsumsi manusia berasal dari buah, oat, jelai atau barley, guar gum, sayur, serta termasuk rumput laut atau agar-agar. Sedangkan serat tak larut air terdapat pada biji-bijian, gandum, dan beberapa jenis sayur seperti bayam. Pada umumnya, serat akan cepat melewati usus karena tidak dapat dicerna.

Ini Manfaat Konsumsi Buah dan Sayur Saat Puasa

Berikut ini beberapa manfaat konsumsi buah dan sayur saat sedang berpuasa:

1. Membantu menjaga tubuh agar tetap terhidrasi

Berpuasa dapat membuat tubuh dehidrasi. Maka dengan mengonsumsi buah dan sayur saat sahur dan berbuka dapat menjaga agar tubuh tetap terhidrasi, karena buah dan sayur memiliki banyak kandungan air.

2. Merasa kenyang lebih lama

Karena kandungan serat pada buah dan sayur yang tinggi akan bertahan dalam usus yang akan berpengaruh pada stabilitas kondisi perut. Hal ini akan membuat seseorang merasa kenyang lebih lama.

3. Buah dan sayur membantu menjaga kebugaran tubuh

Dengan mengonsumsi buah dan sayur, maka kebutuhan tubuh akan vitamin, mineral, dan serat akan terpenuhi. Badan pun akan terasa bugar pada siang hari.

4. Buah dan sayur dapat membantu menjaga stamina tubuh

Kamu bisa memilih buah dan sayur dengan kandungan air tinggi, sehingga mudah diserap oleh tubuh. Serat dalam sayur dan buah bermanfaat untuk menjaga kadar gula dalam tubuh. Selain itu, serat berfungsi untuk membantu pencernaan tetap bekerja dengan baik.

Ini Buah dan Sayur yang Bisa Dikonsumsi Selama Puasa

Kekurangan cairan, kurang tidur, ditambah cuaca panas yang menyengat selama berpuasa memicu kulit menjadi kering dan kusam. Berikut jenis buah dan sayur yang sebaiknya dikonsumsi saat sahur dan buka puasa agar kulit tetap terhidrasi dan tubuh bugar.

1. Bayam

Kandungan air, antioksidan, vitamin C, A, dan K pada bayam dapat mengganti kekurangan air dalam tubuh selama berpuasa. Cukup diolah menjadi sayur bayam bening sudah memberi kekuatan bagi tubuh dan kesegaran bagi kulit.

2. Brokoli

Sayur ini berkhasiat untuk ke kecantikan dan kesehatan. Brokoli kaya akan antioksidan yang berguna untuk menjaga kelembapan kulit. Selain itu, vitamin C dan E pada brokoli membantu produksi kolagen sehingga kulit senantiasa segar saat berpuasa.

3. Semangka

Buah ini mengandung 90 persen air. Dengan mengonsumsi buah semangka, akan mengembalikan energi tanpa harus mengonsumsi hidangan manis berlebihan. Semangka juga mampu mencukupi cadangan air pada tubuh, sehingga kulit tidak kering.

4. Lobak

Lobak putih, kaya akan air, vitamin C, dan antioksidan yang menjaga elastisitas dan kesegaran kulit.

5. Pepaya

Buah ini juga baik dikonsumsi saat sahur maupun berbuka. Kandungan air dan vitamin C yang tinggi pada pepaya mampu mengatasi masalah kulit kering sekaligus mencerahkannya.

6. Alpukat

Alpukat mengandung sumber pelembap alami, yakni vitamin E dan antioksidan. Alpukat bisa menjadi alternatif menu sahur dan buka puasa sekaligus pengganti karbohidrat atau nasi.

Jika Anda memiliki anak yang gemar mengonsumsi jajanan tidak sehat, ajari ia untuk mengganti makanannya dengan makanan-makanan tinggi serat di atas. Mengonsumsi makanan tinggi serat sudah seharusnya dibiasakan sejak dini. Karena jika tidak, itu bisa memicu gaya hidup buruk nanti ketika anak beranjak dewasa.

GLUTERA NOX

glutera c

Minuman kesehatan yang penuh dengan serat buah dan sayuran, serta beberapa kandungan terbaik untuk menjaga kesehatan kardiovaskular (jantung, darah, pembuluh darah). Yang bagus dikonsumsi saat makan sahur.

Glutera NOX mengandung : l-carnitine, l-arginine, algae extract, probiotic, vitamin premix, mineral premix, fructose, polydextrosa, inulin, grape sheed extract, strawberry extract, strawberry flavour, psylium husk, tomatoes, carrot, broccoli, kiwi, green cabbage, garlic, orange, green apple, red bit, guarana, ascorbic acid, olive extract. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES