Indonesia Positif

Dispendukcapil Kota Pasuruan Launching Jalan Berdua

Kamis, 22 April 2021 - 10:06 | 30.93k
(FOTO: AJP TIMES Indonesia)
(FOTO: AJP TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PASURUAN – Sebagai upaya mendukung program Pemerintah Kota Pasuruan menjadi zona integritas wilayah bebas korupsi, Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Pasuruan melakukan launching inovasi 'Jalan Berdua' dan nota kesepahaman tentang pelayanan publik di Kota Pasuruan, Kamis (22/4/2021). 

Kegiatan ini dihadiri oleh Wali Kota dan Wakil Wali Kota Pasuruan, Saifullah Yusuf-Adi Wibowo, Sekda Kota Pasuruan, Asisten, Plt. Kepala Disdukcapil Kota Pasurusn, Plt. Kemenag Kota Pasuruan, Ketua Pengadilan Agama Pasuruan, Kepala Perangkat Daerah Kota Pasuruan, dan perwakilan ojek online (Copas, Nujek dan Grab Pasuruan). 

Tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan kualitas layanan administrasi kependudukan, misalnya percepatan perubahan status kawin dan kepemilikan dokumen kependudukan elektronik bagi pasangan yang baru menikah di wilayah hukum Kota Pasuruan. 

Penandatanganan nota kesepahaman dilakukan antara Pemerintah Kota Pasuruan dengan Kemenag Kota Pasuruan terkait pelayanan publik. Serta penandatanganan antara Kemenag Kota Pasuruan dengan Dispendukcapil terkait penerbitan KK dan KTP elektronik.
 
Dalam sambutannya, Gus Ipul menyampaikan terima kasih atas inovasi “jalan berdua” untuk mengatasi permasalahan kependudukan. Khususnya bagi warga yang sudah menikah namun belum memiliki dokumen telah menikah, seperti pemisahan KK dan status dalam KTP. 

"Ini menjadi salah satu solusi, layanannya cepat, dan murah. Alhamdulillah ini suatu model yang perlu kita kembangan kedepannya," ujar Gus Ipul. 

Gus Ipul menjelaskan pemohon hanya perlu melampirkan berkas perubahan status kawin KK dan KTP elektronik ke KUA saat pendaftaran nikah. Setelah pencatatan nikah dilaksanakan dan diinput pada aplikasi maka Dispendukcapil akan memproses KK dan KTP baru dan dikirim lewat ojek online yang biayanya ditanggung Pemerintah Kota Pasuruan. Kebijakan ini dimaksudkan untuk memberdayakan para ojek online di lingkungan Kota Pasuruan. Gus Ipul juga berpesan kepada seluruh Perangkat Daerah atau Instansi pelaksana pelayanan publik untuk berpartisipasi aktif dalam mall pelayanan publik yang akan segera hadir di Kota Pasuruan.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Robert Ardyan
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES