Wisata

Memandangi Pesona Keindahan Cahaya di Alun alun Majalengka

Jumat, 23 April 2021 - 00:26 | 433.84k
Alun alun Majalengka. (Foto: Instagram akang_endang for TIMES Indonesia)
Alun alun Majalengka. (Foto: Instagram akang_endang for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MAJALENGKA – Majalengka, Jawa Barat, bisa dikatakan lengkap dalam penyediaan tempat wisata. Salah satu tempat wisata yang tidak menguras kantong adalah Alun-alun Majalengka.

Sejak direvitalisasi menjadi alun-alun bergaya modern dan klasik ini, objek wisata yang berada di pusat kota itu jadi salah satu ikon kebanggaan warga Kabupaten Majalengka.

Alun-Alun Majalengka yang letaknya diapit oleh Jalan KH Abdul Halim dan Jalan Ahmad Yani dan lokasinya bisa dicapai dengan kendaraan pribadi maupun angkutan umum tersebut jadi tujuan yang tepat bagi pelancong untuk menikmati suasana Kota Angin yang nyaman.

Jika dilihat saat malam hari, kawasan Alun alun Majalengka ini memiliki taman kota berhiaskan lampu-lampu yang menjadi daya tarik pengunjung untuk singgah sejenak menikmati suasana malam.

Dengan desain yang menarik dan mengambil konsep klasik, Alun-Alun Majalengka tersebut memancarkan cahaya dengan warna-warna penuh keindahan. Bunga-bunga yang tumbuh menjadi dekorasi yang menambah semarak keceriaan saat berada Alun-alun Majalengka.

Penataan taman dilakukan dengan menitikberatkan pada sisi kenyamanan untuk pengunjung yang ingin menikmati suasana damai dan nyaman. Kesan artistik budaya tanah yang menjadi khas terakota seperti menjadi kesatuan yang utuh.

Lapangan rumput sintentis menjadi salah satu pilihan yang bisa di nikmati pengunjung. Tak hanya itu, permainan indah air mancur menjadi daya tarik tersendiri yang mengundang pengunjung untuk singgah dan menikmati Alun alun Majalengka.

Mesjid-Agung-Al-Imam-Majalengka.jpgMasjid Agung Al Imam Majalengka. (Foto: Instagram akang_endang for TIMES Indonesia)

Apalagi jika dilihat dari atas langit Majalengka, tampak kawasan Alun alun Majalengka dan Masjid Agung Al Imam yang tak jauh dari Alun alun Majalengka begitu gemerlapnya dengan aneka lampu yang kelap-kelip sangat menggoda. Sehingga memberikan nuansa keceriaan di hati.

Seperti diketahui, bahwa Alun-Alun Majalengka memiliki sejarah yang cukup panjang. Hingga tahun 2021, tempat ini berwujud taman luas yang dilengkapi air mancur dan rumput sintentis. Sejak Karna Sobahi menjadi Bupati Majalengka mengalami renovasi besar-besaran.

Lapangan rumput alun-alun berada tepat di depan halaman Masjid Agung Al Imam. Masjid ini juga memiliki usia nyaris sama dengan alun-alun. Masjid Agung Majalengka ini juga tidak kalah menarik untuk dikunjungi.

Hal ini, lantaran selain sebagai tempat ibadah umat muslim, Masjid Agung Al Imam juga bisa dijadikan tempat wisata. Di sekitar alun alun ini juga terdapat rumah dinas bupati atau Pendopo Bupati Majalengka. Wisatawan bisa rehat sejenak di kursi yang berjejer sepanjang Jalan Pedestrian Ahmad Yani.

Di jalan pedestrian ini, wisatawan bisa menemukan pertokoan hingga barisan pedagang kaki lima yang menjajakan berbagai barang hingga makanan dan minuman, semua bisa didapatkan di sini dengan harga bervariasi.

Alun-alun berkonsep terakota tersebut saat ini menjadi tempat bertemu alias ruang terbuka publik baru bagi warga Kabupaten Majalengka dan sekitarnya. Hal ini ditandai dengan telah diresmikan oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, pada Rabu 21 April 2021.

Menurut Kang Emil sapaan akrabnya, bahwa alun alun Majalengka ini berkonsep terakota, sehingga dapat membedakan dengan alun alun di tempat lain. Karena, di Alun-alun Majalengka ini mempunyai roh dan punya jiwanya. Yakni, budaya tanah yang menjadi khas terakota dan lainnya.

"Siap-siap Kabupaten Majalengka akan beken, akan heboh dan bakal banyak dikunjungi pariwisata, karena Majalengka ini makanannya enak, alamnya indah dan alun-alunnya (Alun-alun Majalengka) keren," kata Kang Emil.

Sementara itu, Bupati Majalengka, Karna Sobahi berharap dengan adanya sejumlah ruang publik, salah satunya Alun-alun Majalengka tersebut bisa dinikmati oleh masyarakat Majalengka maupun luar daerah. Sehingga menjadikan Kabupaten Majalengka yang manusiawi. "Semua itu, kita bangun untuk warga Majalengka. Semoga bermanfaat dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat," jelasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES