Peristiwa Daerah

Peringati Hari Bumi Sedunia, Mahasiswa Palmstar Tanam 1.000 Pohon dan Donor Darah

Kamis, 22 April 2021 - 21:48 | 30.49k
Mahasiswa yang tergabung dalam Mapala Palmstar IAIN Jember menanam pohon dalam rangka Hari Bumi Sedunia, Kamis (22/4/2021). (Foto: Mapala Palmstar for TIMES Indonesia)
Mahasiswa yang tergabung dalam Mapala Palmstar IAIN Jember menanam pohon dalam rangka Hari Bumi Sedunia, Kamis (22/4/2021). (Foto: Mapala Palmstar for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JEMBER – Peringatan Hari Bumi Sedunia atau Earth Day 2021 dilakukan dengan secara produktif oleh Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) Palmstar IAIN Jember.

Menggandeng sejumah pihak seperti PMI Jember, Dinas Pertanian, Mapala Universitas Muhammadiyah Jember, Destana Suci, dan Green Nusantara, mereka menggelar penanaman pohon disertai donor darah massal pada hari Kamis (22/4/2021).

Didasari keinginan mencegah kerusakan alam, mereka mengusung tema "Restore Our Earth" atau Pulihkan Bumi Kita.

Tema Hari Bumi Sedunia yang diperingati secara serentak oleh berbagai organisasi peduli ekosistem Bumi yang semakin hari mengancam keberlangsungan hidup seluruh manusia.

"Semua masyarakat yang ada di Bumi membutuhkan Bumi yang sehat untuk mendukung pekerjaan, mata pencaharian, kesehatan dan kelangsungan hidup, tak terkecuali lingkungan kampus yang nyaman," ujar Dr. H. Abdul Muis, M.M, penasehat Mapala Palmstar IAIN Jember dalam sambutannya pada acara penghijauan kampus, Kamis.

Mapala Palmstar, lanjut Muis, harus menjadi pioner dalam menyikapi berbagai kerusakan Bumi yang terjadi akhir-akhir ini, bencana banjir, tanah longsor, gempa bumi, tsunami, angin kencang sering menghantui masyarakat.

“Semoga kegiatan penghijauan ini bukan hanya sebagai ritual tahunan saja, tapi terus istiqomah kita syiarkan dan tentu dimulai dari lingkungan terdekat kita," ujar pria yang juga aktif di Forum Kerukunan Antar Umat Beragama (FKUB) Jember ini. 

Sementara Ketua Mapala Palmstar IAIN Jember, Ahmad Jakfar Shodik mengatakan momentum Hari Bumi tahun ini bersamaan dengan bulan Ramadan dan penyebaran virus Covid-19 yang belum berakhir hingga saat ini, ada tiga rangkaian kegiatan yang dilaksanakan Mapala Palmstar sebagai bentuk komitmen menjaga lingkungan dan ekosistem Bumi. 

"Penanaman dan perawatan 1.000 pohon digelar hari ini di lingkungan kampus IAIN Jember sebagai edukasi kepada mahasiswa dan upaya menjaga ekosistem pendidikan yang nyaman, " kata Jakfar. 

Selain di kampus, kata Jakfar Shodik, penanaman pohon dilanjutkan di daerah rawan bencana banjir dan tanah longsor Desa Suci, Kecamatan Panti, 100 personil gabungan dikerahkan dalam penghijauan massal. 

Kegiatan ini akan dilanjutkan pada hari Jumat (23/4/2021) besok.

Yakni, Mapala Palmstar menggandeng PMI Kabupaten Jember gelar donor darah massal bertempat di halaman Masjid Jamik Al-Baitul Amin Jember setelah shalat tarawih 

“Selain bisa bersedekah darah, pendonor juga dapat melakukan penghijauan secara mandiri, sehingga mendapatkan dua manfaat sekaligus di bulan suci yang penuh berkah ini," pungkas Ahmad Jakfar Shodik.

Untuk diketahui, peringatan Hari Bumi Sedunia atau Earth Day 2021 dilakukan dengan secara produktif oleh Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) Palmstar IAIN Jember. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dody Bayu Prasetyo
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES