Peristiwa Daerah

DPRD dan Pemprov Jateng Minta Kaum Perempuan Aktif Dalam Mengambil Keputusan

Kamis, 22 April 2021 - 20:50 | 38.98k
Hj Sri Ruwiyati SE MM Sekretaris Komisi E DPRD Provinsi Jateng saat melakukan pengarahan kepada kader perempuan Banjarnegara (Foto: Muchlas Hamidi/TIMES Indonesia)
Hj Sri Ruwiyati SE MM Sekretaris Komisi E DPRD Provinsi Jateng saat melakukan pengarahan kepada kader perempuan Banjarnegara (Foto: Muchlas Hamidi/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANJARNEGARA – DPRD Jateng dan Pemprov Jawa Tengah berkolaborasi  melakukan sosialisasi 'Peran Perempuan Dalam Pengambilan Keputusan'.  Hari ini secara maraton kegiatan digelar di tiga Kabupaten, yakni Magelang, Wonosobo dan Banjarnegara

Bertempat di Gedung DPC PDI Perjuangan Banjarnegara, Kamis (22/4/2021) sosialiasi diikuti 50 kader perempuan Banjarnegara.

Hadir sebagai pembicara adalah Hj Sri Ruwiyati SE MM dan Hj Endraningsih Yunita SP, anggota Fraksi PDI Perjuangan, Akhmad Fadlun SY (Fraksi PKB) dan Asteria Dewi Rusrinawati SPSi MPd, Kepala Seksi Pemberdayaan Perempuan dan Anak, DP3AP2KB  Provinsi  Jateng

Hj Sri Ruwiyati SE MM b

Dalam kesempatan ini, Hj Sri Ruwiyati mengajak kepada kader perempuan Banjarnegara untuk memahami kesetaraan gender pada era modern seperti sekarang ini.

"Saat kita bicara emansipasi wanita, maka kita perlu meniru perjuangan dan semangat yang dibangun oleh RA Kartini. Beliaulah yang telah mewarisi semangat dan tekad yang  begitu besar sehingga menginspirasi dan menghasilkan tokoh - tokoh perempuan yang berani," katanya.

Saat ini, kata Sri Ruwiyati perjuangan beliau menjadikan perempuan Indonesia banyak menduduki jabatan penting baik di eksekutif dan legislatif.

"Sesuai kodratnya, kaum perempuan memiliki tugas yang melekat. Namun saat pemerintah sudah memberikan peluang  melalui undang - undang, maka kaum perempuan harus mempersiapkan diri," tegas Sri Ruwiyati.

Sebagai kaum perempuan imbuh Ruwiyati  harus memiliki kapasitas dan kapabilitas sehingga mana kala menjadi wakil rakyat atau pemimpin dapat melaksanakan tugasnya secara profesional.

Meski begitu, Sekretaris Komisi E DPRD Provinsi Jateng  mengaku tidak mudah menggungah kaum perempuan untuk lebih berperan aktif dalam pembangunan/kemajuan di daerah.

Hal senada disampaikan Hj Endraningsih Yunita SP, anggota Fraksi PDI Perjuangan Jateng dan .Akhmad Fadlun SY (Fraksi PKB). "Sistem demokrasi telah membuka kesempatan bagi setiap warga negara untuk berkiprah dalam urusan-urusan publik, tak terkecuali kaum perempuan," katanya.

Sementara Asteria Dewi Rusrinawati SPSi MPd, Kepala Seksi Pemberdayaan Perempuan dan Anak DP3AP2KB  Provinsi Jateng menyampaikan bahwa peran perempuan dalam kepemimpinan saat ini semakin terlihat. Terbukti, sudah banyak kaum perempuan yang mampu menjadi pemimpin atau menjadi pejabat.

Ia berpesan, kaum perempuan harus berani menyampaikan pendapatnya didepan forum. Sehingga andil perempuan akan semakin nyata dan diperhitungkan. Seperti yang telah disampaikan oleh Ny Hj Sri Ruwiyati SE MM, Sekretaris Komisi E DPR Provinsi Jawa Tengah. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES