Pendidikan

Surovotic, Produk Berkelas dari Politeknik Elektronika Negeri Surabaya

Kamis, 22 April 2021 - 20:11 | 73.48k
Surovotic yang digarap oleh PENS SKY. (Foto: Shinta Miranda/TIMES Indonesia)
Surovotic yang digarap oleh PENS SKY. (Foto: Shinta Miranda/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SURABAYAPoliteknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) menggelar pameran inovasi sekaligus membuka fakultas baru yang diresmikan oleh Direktur Jendral Pendidikan Vokasi (Dirjen Diksi) Wikan Sakarinto,S.T.,M.T. yang meninjau secara langsung beberapa produk yang dihasilkan oleh mahasiswa PENS khususnya untuk industri. Yang paling menarik adalah Surovatic karena dapat merekam di kedalaman laut hingga 100 meter.

Beberapa inovasi produk untuk menyesuaikan dengan keadaan. Inovasi tersebut mulai dari alat kesehatan hingga aplikasi handphone. Inovasi terus dikembangkan setiap tahun oleh PENS agar mahasiswa terus berkembang untuk terus memproduksi sesuatu yang tidak hanya berguna di masa sekarang, tetapi juga di masa mendatang.

Surovotic yang digarap oleh PENS SKY b

Salah satu alat yang dipamerkan adalah Surovotic yaitu alat untuk memantau di dalam air yang dapat berfungsi merekam video dan mengambil foto survei dengan maksimum kedalaman 100 meter. Alat tersebut digunakan untuk melakukan eksplorasi kegiatan bawah air dan laut.

Kegunaan dasar surovotic adalah digunakan maintanance aset bawah air maupun dibawah laut. Surovotic merupakan hasil pengerjaan PENS SKY dan Risetdikti dengan beberapa fitur misalnya setiap tipe memiliki kedalaman air yang dapat dicapai mulai dari 30 hingga 100 meter dengan kualitas live 1080 HD camera dapat tilt range 180 derajat.

Spesifikasi Surovatic mempunyai panjang 48 centimeter, lebar 37 centimeter, tinggi 29 centimeter dan berat 20 kilogram. Menurut Wikan, pembelajaran bukan hanya menghasilkan kertas tetapi juga harus inovasi yang mampu menunjang kehidupan manusia sehingga dapat membantu kehidupan di masa sekarang hingga di masa mendatang.

“Saya sangat ingin benar-benar mempraktikan hasil riset PENS Surabaya, tidak hanya kertas tetapi produk nyata yang dihilirkan ke masyarakat, pasar maupun Industri konsep nya itu sudah kebutuhan industri,” ujar Wikan saat menghadiri pameran sekaligus meresmikan dua fakultas baru di PENS, Kamis (22/4/2021)

Surovatic akan terus berkembang setiap tahun dengan selalu memperbaiki beberapa fitur dan selalu mengupgrade inovasi tersebut.  Agar berguna khususnya untuk penelitian bawah air atau mungkin dapat membantu pencarian korban saat terjadi kecelakaan di laut.

Pengguanaan Surovatic diharapkan mampu membantu kinerja penelitian dibawah laut hingga memaksimalkan explorasi untuk melihat bagaimana kondisi dibawah laut dengan maksimal. Tingkatkan keamanan menggunakan Surovotic Ini membantu mencegah kebutuhan penyelam untuk memasuki lingkungan berbahaya dan membahayakan hidup mereka.

Surovotic juga dapat dengan mudah diangkut dengan cepat dan dimobilisasi dengan cepat di lokasi inspeksi. Inspeksi dapat diselesaikan dengan cepat untuk mengurangi waktu henti bagi klien. Sistem dapat siap dalam waktu singkat. Inspeksi dapat diselesaikan dengan cepat dan efisien tanpa perlu peluncuran mahal dan sistem pemulihan serta waktu mobilisasi yang lama.

Surovotic pernah digunakan industri untuk meninjau danau Sentani, karena alat ini juga dapat disewakan untuk penelitian khususnya di bawah air karena sistem surovatic seperti inspeksi tanki blast dapat diselesaikan dengan cepat.

Diharapkan bahwa industri besar memanfaatkan inovasi anak negeri, seperti menggunakan produk dari Politeknik Elektronika Negeri Surabaya agar semakin memajukan perekonomian Jawa Timur dan Indonesia.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES