Peristiwa Daerah

Daerah Reformasi Birokrasi Terbaik, Pemkot Gorontalo Terima Penghargaan Kemenpan RB

Kamis, 22 April 2021 - 19:31 | 16.21k
Wali Kota Gorontalo, Marten Taha saat menerima penghargaan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB). (Foto: Humas Pemkot Gorontalo)
Wali Kota Gorontalo, Marten Taha saat menerima penghargaan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB). (Foto: Humas Pemkot Gorontalo)

TIMESINDONESIA, GORONTALOPemkot Gorontalo menjadi salah satu daerah terbaik menerapkan reformasi birokrasi berdasarkan penilaian Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB). 

Dari hasil penilian itu, pemerintah kota Gorontalo diberikan piagam penghargaan atas prestasi dalam pelaksanaan reformasi birokrasi, dengan berpredikat B. diserahkan oleh Menpan RB Tjahjo Kumolo di Jakarta, kamis (22/4/2021). 

Wali Kota Gorontalo Marten Taha yang pada waktu bersamaan berada dijakarta, menerima penghargaan itu melalui sekretaris daerah kota Gorontalo ismail madjid yang hadir langsung pada agenda awarding tersebut.

Marten mengatakan perstasi ini akan memicu motivasi pemerintah kota Gorontalo untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. "Karena reformasi biroktasi merupakan aspek yang sangat mempengaruhi tata kelola pemerintahan di kota Gorontalo," ucap Marten. 

Ia juga turut mengucapkan terima kasih kepada Menpan RB yang telah memberikan penilain terhadap pelaksanakan reformasi birokrasi secara selektif.

Proses penilaian reformasi birokrasi Kemenpan RB menggunakan sistem pelaporan aplikasi. Menurut Kapalagbagian organisasi Ramjan Datunsolangs, ada 8  area perubahan yang menjadi dasar penilian pelaksanaan reformasi birokrasi.

“Melikupi manjemen perubahan, deregulasi kebijakan, penataan kelembagaan, pelayanan, manajemen pelayanan, pengawasan, akuntabilitas dan perencanan” jelasnya.

Sedikit memberikan tips, Ramjan menyebut bahwa kunci pencapaian tersebut pihaknya menggukan metode penilian mandiri sebelum berkasnya dikirim ke Menpan.

“Bersama inspektorat kita melakukan penilaian mandiri, dengan melibatkan OPD terkait yang di 8 area perubahan. Dan yang mengangkat point kita reformasi birokrasi telah tersosialisasikan sampai ke tingkat kecamatan,” ungkapnya terkait penghargaan yang diterima Pemkot Gorontalo dari Kemenpan RB. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES