Pendidikan

Wapres RI KH Ma'ruf Amin Ingin BLK Diperbanyak

Kamis, 22 April 2021 - 18:15 | 27.42k
Wapres RI KH Ma'ruf Amin. (FOTO: Dok. Setwapres)
Wapres RI KH Ma'ruf Amin. (FOTO: Dok. Setwapres)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Wakil Presiden (Wapres RI) KH Ma’ruf Amin meminta Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) memperbanyak jumlah Balai Latihan Kerja (BLK) ke berbagai komunitas, sehingga dapat mendorong pengembangan sumber daya manusia (SDM) unggul di Indonesia.

Hal itu disampaikan Wapres Ma'ruf Amin kepada Menaker Ida Fauziyah dalam pertemuan di kediaman dinas wapres di Jakarta, Kamis (22/4/2021). "Wapres meminta agar ini bagaimana caranya supaya yang bagus-bagus itu bisa direplikasi, karena ini dampaknya sangat positif," ucap Juru Bicara Wapres Masduki Baidlowi.

Berdasarkan laporan dari Menaker kepada Wapres, Kemenaker menargetkan penambahan jumlah BLK Komunitas sebanyak 1.000 unit di 2021. "Sejak 2017 sampai sekarang sudah tercatat sebanyak 2.127 BLK Komunitas dan rencananya tahun ini targetnya bertambah 1.000 BLK Komunitas lagi," tambah Masduki.

BLK Komunitas merupakan fasilitas pelatihan vokasi dari Kemenaker bagi komunitas masyarakat berbasis keagamaan, seperti pondok pesantren, seminari, dhammasekha, pasraman dan komunitas keagamaan lainnya.

Program Pemerintah yang dimulai sejak 2017 itu bertujuan untuk memberikan bekal keterampilan kerja kepada siswa dan anggota komunitas keagamaan sesuai dengan kebutuhan dunia kerja. BLK Komunitas juga diharapkan dapat mencetak lebih banyak pengusaha dan lapangan pekerjaan.

Berdasarkan data Kemenaker, sejak 2017 hingga 2019 telah terdapat sebanyak 1.113 BLK Komunitas yang tersebar di sejumlah daerah, seperti Jawa Timur dan Nusa Tenggara Barat (NTB).

"Yang sudah ada itu di Banyuwangi, NTB dan berbagai tempat. Tadi Ibu Menaker juga mempersilakan kepada Wapres untuk berkunjung ke daerah-daerah tersebut," ucap Masduki Baidlowi menyebut, Wapres RI KH Ma'ruf Amin meminta Kemenaker memperbanyak jumlah BLK ke berbagai komunitas.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES