Ekonomi

Komisi VI DPR RI: Potensi Nikel Harus Diamankan untuk Kepentingan Nasional

Kamis, 22 April 2021 - 16:32 | 28.31k
Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Mohamad Hekal. (FOTO: DPR RI).
Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Mohamad Hekal. (FOTO: DPR RI).

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Mohamad Hekal mengingatkan agar potensi nikel yang terdapat di Tanah Air harus betul-betul diamankan untuk kepentingan nasional dan kesejahteraan seluruh rakyat.

"Potensi nikel di Indonesia sangat melimpah," kata Mohamad Hekal dalam keterangan tertulis yang diterima TIMES Indonesia di Jakarta, Kamis (22/4/2024).

Untuk itu, Hekal menekankan agar kekayaan alam tersebut harus didorong dan diamankan agar bisa dinikmati rakyat Indonesia berupa produk baterai.

Apalagi, lanjutnya, saat ini sedang dibentuk holding industri baterai yang melibatkan empat BUMN, yakni Pertamina, PLN, Antam, dan Inalum.

"Saat ini Tesla merupakan perusahaan mobil terbesar asal Amerika yang memiliki kecanggihan baterai yang belum terkejar oleh industri mobil lainnya. Nah, kita mau jadi pelopor di industri baterai karena kita punya bahan bakunya. Dan yang terbesar ada di Sulawesi Tenggara ini," katanya.

Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Mohamad Hekal menegaskan, potensi nikel di Indonesia harus diamankan dan ditingkatkan untuk kemajuan Indonesia dalam industri baterai untuk kendaraan listrik. Dan bisa mendorong hilirisasi beragam bidang industri lainnya. Memang harus diakui, membutuhkan waktu transisi yang panjang untuk mengalihkan kendaraan berbahan bakar fosil ke kendaraan listrik. Namun ancang-ancang sudah harus dipersiapkan mulai saat ini pula. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES