Glutera News

Tanda-tanda Tubuh Kekurangan Nutrisi Saat Berpuasa

Kamis, 22 April 2021 - 15:43 | 36.79k
Ilustrasi (FOTO: Gluteranews)
Ilustrasi (FOTO: Gluteranews)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pedoman asupan gizi seimbang harus dipenuhi selama berpuasa. Jika tidak, tubuh akan kekurangan nutrisi dan vitamin. Tubuh kurang kurang vitamin saat puasa, umumnya akan menimbulkan gejala tertentu.

Gejala defisiensi vitamin tersebut, biasanya akan memengaruhi bagian tubuh tertentu. Karena pada dasarnya, vitamin adalah nutrisi organik yang sangat penting untuk kesehatan dan fungsi normal sel-sel metabolisme tubuh, terlebih ketika sedang puasa.

Bisa saja tidak terkena penyakit, tapi seseorang bisa mengalami fungsi tubuh yang terganggu. Karena vitamin adalah kebutuhan penting untuk semua reaksi biokimia di tubuh agar bisa berfungsi dengan baik.

Kekurangan vitamin saat puasa umumnya akan menimbulkan gejala yang memengaruhi bagian tubuh tertentu. Karena pada dasarnya, vitamin adalah nutrisi organik yang sangat penting untuk kesehatan dan fungsi normal sel-sel metabolisme tubuh. Saat kekurangan vitamin, kita mungkin tidak terkena penyakit, tapi bisa mengalami fungsi tubuh yang terganggu. 

1. Penglihatan Menurun

Banyak yang tidak sadar kalau tubuh sedang kekurangan vitamin A. Terlebih lagi, gejala seperti penglihatan yang kabur, kulit kering dan sesak napas, dirasa umum bagi yang sedang menjalankan puasa. Padahal ciri serta gejala tersebut bisa menjadi salah satu indikasi bahwa tubuh anda perlu dan kurang vitamin saat puasa.

Solusinya : 
Bisa memperoleh vitamin A saat sahur dan berbuka dengan mengonsumsi sayuran yang berwarna cerah seperti wortel, sayur sawi, makan telur, minum susu. Untuk suplemennya bisa minum Glutera NOX saat makan sahur

2. Rambut Rontok dan Diare

Pernahkah saat puasa mengalami kerontokan rambut, diare, atau indra pengecap jadi berkurang ketajamannya? Bisa jadi itu merupakan ciri tubuh kekurangan mineral zinc atau seng. Zinc sangat dibutuhkan tubuh ketika puasa untuk membantu mengatur nafsu makan, mengurangi tingkat stres, dan memainkan peran penting dalam sistem kekebalan tubuh. Gejala lainnya bisa meliputi menurunnya bobot tubuh dan lamanya penyembuhan luka ketika puasa.

Solusinya :
Bisa mendapatkan mineral zinc pada sumber makanan daging hewani. Di antaranya ati hewan (biasanya sapi atau ayam), labu dan sayur bayam. Untuk suplemennya bisa minum Glutera COL saat berbuka.

3. Kesemutan

Salah satu ciri kurang vitamin saat puasa adalah dengan munculnya kesemutan di bagian tubuh tertentu. Biasanya kesemutan dialami di bagian kaki dan tangan. Hal itu juga disebut sebagai neuropati perifer. Gejala neuropati perifer memiliki beberapa kemungkinan penyebab, di antaranya kekurangan vitamin B.

Solusinya :
Banyak mengonsumsi asupan yang mengandung vitamin B. Vitamin B tersebut meliputi vitamin B6, B9, B12, serta vitamin E dan niasin yang sangat penting untuk kerja saraf tubuh. Untuk suplemennya bisa minum Glutera NOX saat makan sahur, dan minum Glutera COL saat berbuka.

4. Bibir Pecah-Pecah

Bibir pecah-pecah memang tidak sedap dipandang siapa saja, dan itu menjadi tanda bahwa di dalam tubuh Anda mengalami kekurangan sejumlah vitamin. Vitamin C yang minim akan menghasilkan reaksi tubuh tertentu, antara lain bibir pecah-pecah, kulit wajah pucat, dan bahkan mood jadi gampang turun saat puasa.

Solusinya :
Bisa mendapatkan nutrisi vitamin C penting dari buah dan sayuran. Terutama buah yang mengandung asam seperti jeruk, lemon, dan pepaya. Sedangkan vitamin C dari sayuran bisa Anda dapatkan dari paprika, cabai, kentang, brokoli, sayuran hijau dan ubi jalar. Kadar asupan vitamin C yang cukup sehari-hari adalah sebanyak 75 mg untuk wanita dan 90 mg untuk pria. Untuk suplemennya bisa minum Glutera GSH sekitar 1-2 jam sebelum tidur malam.

Kalau kamu tidak segera menyadarinya, bisa jadi tubuhmu terkena berbagai penyakit. Kondisi ini tentu akan membuatmu susah sendiri, apalagi jika kamu mengalaminya saat sedang berpuasa. Hal ini tentu saja masih bisa dicegah dengan istirahat, olahraga teratur, dan mengonsumsi suplemen yang banyak mengandung nutrisi yang lengkap dan seimbang.

Kandungan Lengkap dalam Suplemen Glutera

Berikut kandungan yang terdapat dalam minuman kesehatan glutera, secara lengakap. Sangat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi setiap hari saat berpuasa.

Glutera NOX

Glutera NOX

l-carnitine, l-arginine, algae extract, probiotic, vitamin premix, mineral premix, fructose, polydextrosa, inulin, grape sheed extract, strawberry extract, strawberry flavour, psylium husk, tomatoes, carrot, broccoli, kiwi, green cabbage, garlic, orange, green apple, red bit, guarana, ascorbic acid, olive extract.

Glutera COL

Glutera COL

Fish collagen, ascorbic acid (vitamin c), stevia, brach chain amino acid, calcium, caseinate, green tea extract, glucosamine, bitter orang (citrus auranium), extract grape, grape flovour, omega 3.

Glutera GSH

Glutera GSH

Glutathione, hyaluronic acid, vitamin a, vitamin b3, vitamin c, vitamin d, vitamin e, cocoa, premix mineral, zinc, calcium. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES