Indonesia Positif

Tim UWG Malang Raih Juara Harapan pada LKTI Nasional Humanistik 2021

Kamis, 22 April 2021 - 05:15 | 43.23k
TIM UWG dengan Dosen pembimbing. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
TIM UWG dengan Dosen pembimbing. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Mahasiswa UWG Malang mengikuti Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional (LKTIN) Humanistik 2021. Mereka adalah Nur Fatikhah dari prodi Teknik Industri dan Ulfi Qomariya dari prodi Agribisnis, di bawah bimbingan Dr. Emma Budi Sulistiarini, ST., MT dosen prodi Teknik Industri.

LKTIN ini diselenggaraka oleh Politeknik STIA LAN Bandung (Prodi Administrasi Bisnis Sektor Publik), pada 7 – 26 Maret 2021 bertemakan “Daya Akselerasi E-Commerce pada Post Covid-19”. Lomba berskala nasional yang diikuti seluruh Mahasiswa dari prodi Diploma/S1 PTN/PTS seluruh Indonesia. Ketentuan yang disyaratkan dalam satu tim penulis terdiri dari 2 orang yang boleh berasal dari program studi/ fakultas yang berbeda).

Duta dari UWG Kampus Inovasi pada LKTIN ini yakni Nur Fatikhah dari program studi Teknik Industri sebagai ketua dengan tema; “Pemasaran UKM berbasis Makanan melalui E-Commerce pada Masa Post Covid-19 bagi Ketahanan Pangan Bangsa”.

juri uwg

Nur Fatikhah terinspirasi membahas tema tersebut dengan melihat banyaknya UKM terutama yang berbasis makanan kesulitan memasarkan produknya karena keterbatasan teknologi maupun kurangnya kapabilitas menguasai teknologi. Peran pemasaran secara online melalui E-Commerce di Indonesia saat ini sangatlah penting.

Selain menjawab kebutuhan konsumsi pangan masyarakat secara sehat dan aman, UKM juga mampu memasarkan tidak hanya di lingkup regional, namun juga dapat menjangkau pemasaran global. Karena pemasaran online UKM melalui E-commerce tersebut kian marak terutama pada Masa Post Covid-19, Nur Fatikhah beserta tim sangat tertarik untuk membahas tema tersebut menjadi suatu kajian karya tulis ilmiah yang layak untuk dilombakan.

Ada beberapa tahapan seleksi harus diikuti yaitu seleksi Abstrak yang dilakukan pada 7 – 26 Maret 2021. Berkat kegigihan tim, abstrak diterima dan akan disaring menjadi 10 besar pada seleksi Full Paper, yang dilakukan pada 7 April 2021.

poster

Nur Fatikhah dan tim lolos seleksi 10 besar yang kemudian ditandingkan kembali dengan tim lainnya pada seleksi final melalui presentasi pada tanggal 17 April 2021. Pada tahapan ini, mahasiswa harus melakukan presentasi karya tulisnya terhadap 3 orang juri yaitu Siti Widharetno, Hafid Aditya, dan Adhika Bergi.

Hasil akhir penjurianpun diumumkan, Nur Fatikhah dan Tim merasa senang dan terharu walaupun hanya meraih Juara Harapan. Tidak sia-sia usaha dan perjuangannya selama ini, serta dukungan dosen pembimbing yang mampu mengantarkan mahasiswanya sukses sebagai pemenang juara harapan.

Dukungan dosen-dosen dari Fakultas Teknik terutama para dosen program studi Teknik Industri UWG Malang dengan doa dan motivasi untuk maju, sukses, inovatif, mandiri, dan berprestasi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES