Kesehatan 3M Lawan Covid

Waspadai Penularan Covid-19 Saat Buka Bersama di Warung atau Restoran

Kamis, 22 April 2021 - 13:15 | 66.96k
Ilustrasi - Makan di tempat umum (FOTO: Freepik/wirestock)
Ilustrasi - Makan di tempat umum (FOTO: Freepik/wirestock)

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Perlu diwaspadai jika ngabuburit bahkan buka bersama di warung/restoran akan rentannya penularan Covid-19. Kita harus bisa dan harus memperhatikan bagaimana cara mengurangi risiko penularan penyakit saat di tengah keramaian di bulan Ramadan.

“Harus kita ingat bahwa status Covid-19 masih belum hilang dari muka bumi, walaupun angka kasus di Indonesia khususnya di Kabupaten Probolinggo menurun,” kata Juru Bicara Ketua Pelaksana Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo dr. Dewi Vironica, Kamis (22/4/2021).

“Kita tetap harus waspada selama belum ada keputusan dari pemerintah yang menyatakan bahwa kita sudah aman,” katanya lagi.

Ada beberapa tips yang dapat dilakukan untuk mengurangi risiko penularan Covid-19 saat buka bersama di warung/restoran. Pilihlah restoran yang ada lokasi outdoornya dan hindari waktu-waktu yang ramai pengunjung.

“Pilih restoran/kafe/warung yang benar-benar menerapkan protokol kesehatan,” jelasnya..

Hal lain yang harus dilakukan saat buka bersama di warung/restoran adalah wajib memakai masker sepanjang waktu (kecuali saat makan/minum) serta usahakan saat makan menjaga jarak lebih dari 1 meter dengan orang lain dan tidak berbicara saat makan.

“Hindari berlama-lama nongkrong di restoran/kafe/warung serta selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah makan,” paparnya.

“Kita saling mengingatkan untuk tetap tertib dengan menerapkan protokol kesehatan saat sedang buka bersama di warung/restoran atau dimanapun kita berada, karena Covid-19 masih ada,” sambungya.

Memang sangat ribet saat harus buka bersama di warung/restoran di masa pandemi Covid-19. Kata Dewi, tips amannya memang lebih baik pesan makanan dengan ojek online dan makan di rumah saja dengan keluarga. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES