Pendidikan

UIN Maliki Malang Bahas Peran Perempuan di Syiar Ramadan Edisi Hari Kartini

Kamis, 22 April 2021 - 09:21 | 42.75k
Syiar ramadan UIN Maliki Malang spesial edisi hari kartini. (FOTO: Nadira Rahmasari/TIMES Indonesia)
Syiar ramadan UIN Maliki Malang spesial edisi hari kartini. (FOTO: Nadira Rahmasari/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Maliki Malang) bahas peran perempuan dalam pengembangan PTKI di Syiar Ramadan edisi hari kartini, dengan narsumber Dr. Hj. Ilfi Nur Diana, M.Si., Prof. Dr. Hj. Umi Sumbulah, M.Ag., Dr. Hj. Sulalah, M.Ag., Dr. Dra. Meinarni Susilowati, M.Ed. dan Rektor UIN Maliki Malang  Prof. Dr. Abdul Haris, M.Ag sebagai moderatornya.

INFORMASI SEPUTAR UIN MALANG DAPAT MENGUNJUNGI www.uin-malang.ac.id

"Kita akan mendsikusikan tema yang sangat menarik meski secara global memliki kesamaan dengan yang kemarin tapi, narasumber ini punya keahlian masing-masing. Dan perlu diketahui, di UIN Maliki Malang banyak sekali pimpinan dari perempuan, ada wakil rektor, direktur, dan dekan," ujar Prof. Dr. Abdul Haris, M.Ag, Rektor UIN Maliki Malang.

UIN-Maliki-Malang-2.jpg

Dr. Hj. Ilfi Nur Diana menyampaikan, peran perempuan dalam pengembangan PTKIN sangat penting untuk membangun masyarakat dan negara karenanya, PTKIN bagian dari negara. Perempuan di UIN Malang jumlahnya 35% dari jumlah laki2 baik dosen maupun tendik. Itu menunjukkan, peran perempuan sudah maksimal dan optimal. Terdapat tiga peran perempuan di PTKIN yaitu yang pertama, sebagai aktor. Kedua, sebagai role modell. Ketiga, sebagai perwujudan dari PTKIN yang harus memiliki peran sosial di masyarakat.

"Kiprah perempuan, tidak boleh tinggal diam tapi harus di upayakan terus menerus, baik dalam faktor kontruksi budaya ikut mempengaruhi dan problem intreprestasi," ujar Dr. Hj. Sulalah menimpali.

UIN-Maliki-Malang-3.jpg

Prof. Dr. Hj. Umi Sumbulah menyampaikan, peran perempuan penting karena dapat menginteralisasikan pendidik terutama di keluarga. Salah satu fungsi keluarga yaitu sebagai fungsi produksi. Dalam konteks perguruan tinggi, peran perempuan yaitu melaksanakan kurikulum yang di desain sebagai konten keagaamaan. Perempuan sebagai agen perdamaian pada anak-anak, masyarakat, dan mahasiswa. Dan perempuan menjadi agent terutama untuk mahasiswa.

INFORMASI SEPUTAR UIN MALANG DAPAT MENGUNJUNGI www.uin-malang.ac.id

"Perempuan harus bisa merealisasikan dirinya, itulah yang dikembangan UIN Malang dengan memberikan saran dan fasilitas sehingga dapat memberikan fungsi perempuan. Barangkali akan lebih bagus Umi Sumbulah menjadi lebih banyak sehingga perempuan dapat menempati potensi yang lebih baik," kata Dr. Dra. Meinarni Susilowati dalam Syiar Ramadan edisi Hari Kartini yang ditayangkan di youtube channel UIN Maliki Malang pada Kamis (22/4/2021) pukul 22.00 WIB. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES