News Commerce Indonesia Bangkit

Melalui UKK, Siswa SMK Abdi Negara Tuban Siap Bersaing di Dunia Kerja

Kamis, 22 April 2021 - 02:34 | 114.49k
Siswa SMK Abdi Negara Tuban tengah mengikuti Uji Kompetensi Kejuruan. (Foto-foto: SMK Abdi Negara for TIMES Indonesia)
Siswa SMK Abdi Negara Tuban tengah mengikuti Uji Kompetensi Kejuruan. (Foto-foto: SMK Abdi Negara for TIMES Indonesia)
FOKUS

Indonesia Bangkit

TIMESINDONESIA, TUBAN – Salah satu dari enam kompetensi keahlian yang ada di SMK Abdi Negara Tuban telah melaksanakan Uji Kompetensi Keahlian (UKK). Jurusan tersebut ialah Farmasi Klinis dan Komunitas.

UKK sendiri merupakan  bagian dari ujian nasional (UN) untuk peserta didik SMK, yang terdiri atas ujian teori kejuruan dan ujian praktik kejuruan.

SMK Abdi Negara 3

Selain itu, UKK dimaksudkan sebagai bagian dari intervensi pemerintah dalam menjamin mutu pendidikan pada satuan pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Uswatun Khasanah SPd, Waka Kurikulum SMK Abdi Negara Tuban, mengatakan UKK terdiri dari ujian praktik kejuruan yang umumnya diselenggarakan sebelum pelaksanaan ujian nasional (UN) dan ujian teori kejuruan yang merupakan bagian dari rangkaian pelaksanaan UN.

"Pelaksanaan UKK bertujuan sebagai tolok ukur pencapaian kompetensi siswa pada level tertentu sesuai kompetensi keahlian yang ditempuh selama masa pembelajaran di SMK. Ini demi mempersiapkan dan menjamin kualitas lulusan sesuai dengan profesinya di lapangan pekerjaan," kata Uswatun.

Dia menegaskan, pelaksanaan UKK di SMK Abdi Negara Tuban wajib diikuti seluruh siswa kelas XII yang totalnya ada lebih dari 60 siswa. Jumlah tersebut dari Jurusan Farmasi Klinis dan Komunitas mengikuti ujian praktik Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) di bawah Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

“Pengujian dilakukan oleh dua orang asesor yang profesional dari LSP Asnakes Indonesia,” ujarnya.

Uswatun melanjutkan, SMK yang telah dinyatakan sebagai LSP Pihak Pertama (LSP-P1) oleh BNSP, bisa menyelenggarakan UKK secara mandiri dan menjadi tempat uji kompetensi (TUK) bagi SMK lain di sekitarnya.

SMK Abdi Negara 2

SMK Abdi Negara Tuban telah diakui memenuhi sebagai TUK untuk penyelenggaraan UKK. Salah satunya Jurusan Farmasi Klinis dan Komunitas. Sehingga dari tahun ketahun dapat menyelengarakan UKK di SMK Abdi Negara Tuban.

"Setelah siswa lulus UKK, Sertifikat Kompetensi diberikan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) yang diakui oleh BNSP kepada siswa yang telah lulus mengikuti UKK," kata Nanang Slamet Mulyono MPd, Kepala SMK Abdi Negara Tuban.

Nanang berharap dengan diadakannya UKK ini kelak semua siswa lulusan SMK Abdi Negara Tuban dinyatakan kompeten dan siap bersaing di dunia kerja.

“Ujian dengan LSP ini betul-betul lulusan SMK Abdi Negara Tuban disiapkan sesuai dengan kebutuhan profesi di lapangan pekerjaan,” kata Nanang. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Hendarmono Al Sidarto
Publisher : M. Rofiul Achsan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES